Inggris Keluarkan Travel Warning ke Mindanao

DUNIA TRAVEL – Pemerintah Inggris keluarkan peringatan kepada warganya untuk tidak berkunjung ke Mindanao, Filipina, setelah serangan bom menewaskan dua orang dan melukai belasan lainnya Senin (31/12) lalu. Otoritas Keamanan Filipina menghubungkan ledakan bom di luar pusat perbelanjaan Kota Cotabato di Mindanao Tengah itu dengan dua kelompok militan berafiliasi dengan ISIS.

Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris Raya, dalam situs web resminya seperti dilansir Strait Times, Rabu (2/1), menyebut para kelompok teroris merencanakan berbagai serangan. Para kelompok ini bisa melancarkan serangan kapanpun dan di manapun, termasuk tempat-tempat banyak dikunjungi warga asing seperti bandara, mal, area transportasi publik, dan tempat ibadah.

Dalam situs web itu juga disampaikan imbauan bagi warga Inggris agar menghindari wilayah Mindanao Barat dan Tengah, termasuk Kepulauan Sulu. Selain itu, warga Inggris juga diingatkan menghindari perjalanan ke seluruh wilayah di Pulau Mindanao, kecuali kunjungan bersifat mendesak. Pulau Mindanao disebut seluas Korea Selatan.

Peringatan ini dikeluarkan pemerintah Inggris mengacu pada peringatan yang dikeluarkan Amerika Serikat bulan lalu terkait keamanan di bandara utama di Manila. Negeri Paman Sam menilai keamanan di sana tidak sesuai dengan standar Organisasi Penerbangan Sipil Internasional.

Pemerintah Filipina menilai peringatan ini wajar dan normal. “Itu peringatan yang wajar,” kata Sekretaris Menteri Luar Negeri Filipina, Teodoro Locsin, melalui akun Twitternya, Rabu (2/1).