Jangan Bosan Membacakan Buku untuk Anak, Ini 4 Manfaatnya

Saat akhir pekan seperti ini, waktu bersama si Kecil yang masih batita pasti lebih banyak. Selain bermain bersama, luangkan waktu untuk membacakan buku cerita untuknya.

Biasanya, jika anak suka dengan cerita dari buku yang Anda bacakan, dia akan dibacakan ulang. Bahkan hingga yang membacakannya hapal kata demi kata dalam buku tersebut. Anak pun sudah sangat tahu jalan cerita di dalamnya.

Menghadapi sikap anak yang selalu meminta dibacakan buku yang sama berulang-ulang, sebaiknya dihadapi dengan sabar. Turuti saja kemauan yang satu ini. Pasalnya dengan membacakannya buku yang sama berulang kali ada banyak manfaat yang didapatkannya. Apa saja? Mengutip Read Brightlyberikut manfaatnya.

1. Perbendaharaan kata bertambah

Makin sering si Kecil membaca, akan makin banyak perbendaharaan kata yang dimilikinya. Saat anak membaca atau dibacakan buku berulang kali, kata demi kata dalam buku tersebut akan diserapnya dengan baik.

2. Pola dan ritme kata

Mendengar cerita favorit yang dibaca dengan suara jelas dan menarik akan membuat anak mempelajari bunyi tiap kata, termasuk pola dan ritmenya. Dengan begitu anak tau tiap bunyi huruf vokal dan konsonan. Sebenarnya ini seperti mengajarinya membaca tapi anak tak menyadarinya.

1 dari 2 halaman

3. Lancar berbicara

Mendengar dan melihat orangtua atau orang lain asyik membaca buku cerita akan membuat anak juga ingin melakukannya. Tak heran saat kita membaca, anak sering mengikutinya. Hal ini melatih oral motoriknya untuk mengucap sebuah kata dengan benar.

4. Merangsang kognitif

Membaca buku berulang juga membantu perkembangan kognitif anak. Yaitu membuat anak mengerti secara keseluruhan isi cerita. Mulai dari cerita, ilustrasi dan simbol-simbol yang ada di dalam buku.

Untuk itu, jangan bosan jika anak meminta dibacakan buku yang sama berulang-ulang. Artinya si kecil sudah memiliki minat baca yang baik. Sediakan saja buku-buku menarik lain yang mungkin bisa menarik perhatiannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *