Jokowi: Selamat Anthony Ginting, seluruh rakyat Indonesia bangga!

Presiden Joko Widodo memberikan ucapan selamat kepada Anthony Sinisuka Ginting atas prestasinya menjuarai China Terbuka 2018. Anthony Ginting merupakan pemain tunggal putra Indonesia dalam cabang olahraga bulutangkis.

“Selamat Anthony Ginting. Seluruh rakyat Indonesia bangga atas perjuangan dan kerja kerasmu yang menuai hasil gemilang,” ucap Jokowi melalui akun instagramnya yang dikutip merdeka.com, Minggu (23/6).

Jokowi menyebut, Anthony Ginting menjadi juara di China Terbuka 2018 setelah menumbangkan pemain Jepang, Kento Momota di partai final.

“Sebelumnya, dari babak pertama, Anthony yang bukan unggulan, berhasil melewati satu demi satu raksasa tunggal putra dunia: Lin Dan (China), Viktor Axelsen (Denmark), Chen Long (China), dan Chou Tien Chen (Taiwan). Selamat Anthony Ginting,” kata dia.

Anthony Ginting mengalahkan Kento Momota di final dengan skor, 23-21, 21-19. Anthony yang berstatus nonunggulan tampil percaya diri dan ulet menghadapi Momota yang lebih difavoritkan. Meski sempat beberapa kali tertinggal, Anthony selalu berhasil bangkit.

Pertandingan di Changzhou, Minggu (23/9) berjalan ketat sejak awal gim pertama. Kejar mengejar poin berlangsung sangat ketat, bahkan margin selalu tipis. Anthony selalu bermain sabar dan tak banyak mengangkat bola sehingga Momota kerap kesulitan untuk menekan.

Anthony Ginting juga unggul dalam permainan di depan net. Beberapa kali dia menghasilkan angka dari permainan net yang mulus.

Pada gim kedua, Anthony Ginting sempat tertekan bahkan tertinggal pada posisi 13-16. Namun, dia berhasil mendulang angka beruntun hingga menyamakan skor.

Setelah itu, Anthony Ginting tambah percaya diri. Dia akhirnya menyudahi perlawanan Momota dengan skor 21-19.

Kemenangan ini sekaligus menjadi ulangan pada babak 16 besar Asian Games 2018 nomor perorangan. Saat itu, Anthony Sinisuka Ginting juga berhasil mengalahkan Momota. Sayangnya, di Asian Games Anthony hanya memperoleh medali perunggu. [ian]