Keindahan Tersembunyi Mentawai yang Rentan Diguncang Gempa

Gempa kerap menyambangi Mentawai. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi 52 kali di Pulau Mentawai pada Sabtu, 2 Februari 2019.

Berada di sisi paling barat Pulau Sumatera, Kepulauan Mentawai menjadi salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat. Posisinya yang langsung menghadap Samudera Hindia membuat kepulauan ini memiliki ombak besar yang konsisten sepanjang tahun. Inilah anugerah alam yang menjadi bekal pengembangan wisata olahraga ekstrem.

Kepulauan Mentawai sejak lama terkenal sebagai salah satu surga bagi peselancar dunia dan masuk di jajaran ombak terbaik dunia.Dilansir dari berbagai sumber, salah satu spot surfing favorit di Mentawai adalah Suicide.

Lokasinya berada di dekat Pulau Awera dan tidak terlalu jauh dari Pulau Sipora yang menjadi pusat kegiatan pemerintah di Mentawai. Ketinggian ombak berkisar 4-7 meter. Untuk mencapai lokasi ini, Anda harus menggunakan kapal karena ombaknya berada jauh dari bibir pantai.

Selain pantai, Mentawai juga memiliki hutan. Sederet primata tinggal di sini, seperti monyet, siamang kerdil, lutung Mentawai, hingga beruk.

Tak ketinggalan, daya tarik Mentawai lainnya adalah tradisi masyarakatnya. Mereka punya kebiasaan menato tubuh untuk penanda siapa leluhurnya. Kebudayaan turun-temurun dan bukan sekedar gaya-gayaan sudah menjadi penanda garis keturunan setelahmeninggal nanti.

Tato Mentawai juga melambangkan keseimbangan hidup manusia dan alam. Prosesnya juga tidak biasa karena jarum yang digunakan terbuat dari tulang hewan atau kayu dengan arang sebagai tintanya.

Dengan beragam kekayaan alam dan budaya, tak salah bila menjadikan daerah ini sebagai tujuan wisata. Apalagi, failitas dan akomodasi di Kepulauan Mentawai cukup lengkap karena diperuntukkan untukturis asing. Banyak penduduk sekitar mendirikan resort-resort pantai dengan akomodasi yang nyaman dan tetap terjaga.

Jika kamu ingin mengunjungi Pulau Mentawai, mungkin waktu satu minggu masih kurang untuk mengelilingi seluruh Mentawai. Pasalnya, Mentawai merupakan Kepulauan yang terdiri dari banyak pulau, seperti Pulau Seribut, Pulau Sipora, dan Pulau Sikakap.