Kemenhub Berangkatkan 9.810 Pemudik Pakai Bus Gratis ke 18 Kota

EKONOMI – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melepas sebanyak 218 unit bus dan 9.810 penumpang dalam acara program mudik gratis bertemakan ‘Mudik Bareng Guyub Rukun Mudik Bahagia’ di halaman Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (10/6/2018).

Bus-bus berikut penumpangnya akan diberangkatkan menuju 18 kota di area Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kota-kota itu di antaranya Pati, Wonosobo, Demak, Purwodadi, Magelang, Temanggung, Yogyakarta, Klaten, Wonogiri, Boyolali, Sragen, Wonosari, Blora, Solo, Jepara, Salatiga, Kudus, dan Semarang.

Pelepasan keberangkatan bus pada mudik 2018 dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Djoko Sasono. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero), Budi Rahardjo.

Dalam sambutannya, Djoko Sasono menyampaikan, Kemenhub tahun ini menyiapkan fasilitas mudik gratis dengan tiga sarana transportasi, berupa bus, truk dan kapal penyeberangan. Dia menuturkan, itu dilakukan demi meminimalkan penggunaan motor sebagai kendaraan yang kerap dipakai oleh para pemudik.

“Mudik kali ini mengalami peningkatan yang luar biasa, hampir 50 persen dari 2017. Sekarang sekitar 247 ribu (penumpang), artinya suatu hal yang patut kita syukuri. Para peserta mudik adalah mereka yang berpikir cerdas, karena meninggalkan sepeda motor untuk perjalanan panjang,” tutur dia.

 

1 dari 2 halaman

Sediakan 705 Unit Bus

Total Kemenhub menyediakan sebanyak 705 unit bus mudik gratis untuk diberangkatkan dari Monas dalam rentang waktu 9-13 Juni 2018. Pada lima hari tersebut, jumlah penumpang yang terdaftar ikut mudik gratis sebanyak 31.725 orang.

Adapun jumlah peserta mudik terbanyak dalam satu hari yakni pada Minggu 10 Juni 2018 denganĀ 218 unit bus dan 9.810 penumpang. Sementara untuk hari dengan penumpang paling sedikit yaitu Rabu 13 Juni 2018, dengan jumlah 2.700 penumpang dan 60 unit bus.

Djoko pun berharap, program mudik gratis yang pemerintah fasilitasi ini ke depannya bisa terus jadi pilihan utama bagi para warga untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing.

“InsyaAllah tahun depan jumlah peserta mudik gratis bisa meningkat lagi,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *