Lebih Murah, Ini Smartphone Berfitur Face Unlock Seperti iPhone X

TEKNOLOGI – Semenjak dipresentasikan pada peluncuran iPhone X tahun lalu oleh Apple, fitur Face Unlock atau Face Recognition semakin diminati.

Tak hanya oleh penggunanya, namun juga oleh banyak produsen smartphone ternama di dunia.

Selain berfungsi untuk mengaktifkanĀ smartphone dengan cara mengenali wajah pengguna, teknologi ini juga digunakan untuk mengamankan data-data pribadi pengguna smartphone.

Karena itu, beberapa vendor smartphone pun memutuskan untuk menanamkan teknologi Face Unlock ini keĀ perangkat besutannya.

Beruntung, teknologi yang terbilang baru ini tidak hanya dimiliki oleh deretan smartphone mahal semata. Beberapa smartphone dengan harga yang lebih terjangkau ternyata memiliki fitur ini juga.

Dirangkum dari laman Brilio.net, Sabtu (10/3/2018), berikut adalah deretan smartphone berfitur Face Unlock, namun dengan harga lebih murah.

Oppo A83

Seri A83 mulai diperkenalkan Oppo pada akhir tahun 2017 kemarin. Smartphone ini tidak lagi memiliki fitur fingerprint. Sebagai gantinya, A83 dibekali fitur pengenalan wajah alias Face Unlock.

Oppo mengklaim A83 mampu memindai hingga 128 wajah berbeda dan membuka smartphone hanya dalam waktu 0,18 detik. Smartphone seharga Rp 2,8 jutaan ini juga punya layar HD+ berukuran 5,7 inci, RAM 4GB, ROM 32GB, serta prosesor berkekuatan octa-core 2.5GHz.

ZenFone Max Plus

ZenFone Max Plus baru saja diperkenalkan Asus dalam ajang CES 2018 di Las Vegas, Amerika Serikat. Max Plus menjadi smartphone pertama Asus yang dibekali fitur Face Unlock.

Selain Face Unlock, fitur andalan dari Max Plus adalah kamera ganda di bagian belakang, yang terdiri dari kamera 16 megapiksel dengan lensa standar dan kamera 8 megapiksel dengan lensa wide angle.

Smartphone dengan spesifikasi prosesor octa-core 1,5 GHz, RAM 3 GB, dan media penyimpanan 32 GB ini kabarnya dibanderol sekitar Rp 3,1 juta.

Vivo V7

Pabrikan Vivo juga nggak mau kalah. Lewat seri V7, Vivo memperkenal fitur pemindai wajah yang diberi nama Face Access. Selain fitur Face Unlock, V7 juga memiliki fitur unggulan lainnya seperti FullView Display dan kamera depan dengan standar resolusi 24 megapiksel.

Selain itu, Vivo V7 dipersenjatai chipset Qualcomm dengan CPU octa-core, RAM 4GB, ROM 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB, dan sudah dibekali Android Nougat dengan antarmuka Funtouch 3.2. Harganya? Rp 3,5 jutaan saja.