Lionel Messi dan Kekuatan Mentalnya yang Luar Biasa

Kehebatan Lionel Messi tak pernah berhenti membuat kagum pelatih Barcelona, Ernesto Valverde. Messi adalah sang jawara dan akan selalu menjadi juara, sebab Messi memiliki kekuatan mental untuk itu.

Setelah membantu Barca meraih gelar juara La Liga musim 2017/18 lalu, musim ini Messi memasang target lebih tinggi, yakni trofi Liga Champions. Kapten Barca ini berhasrat membawa trofi itu ke Camp Nou.

Messi sudah mengatakannya secara langsung ketika dikenalkan sebagai kapten anyar Barca di awal musim ini. Ketegasan Messi itu membuktikan bahwa dia ingin kembali meraih trofi.

Kekuatan Mental

Menurut Valverde, Messi adalah sosok yang sangat bertanggung jawab pada tim. Messi selalu siap memberikan semua kemampuannya untuk tim di setiap kompetisi.

“Satu hal yang sangat saya garis bawahi dari Leo Messi adalah rasa tanggung jawabnya yang begitu besar untuk tim. Hal itu terbukti di setiap pertandingan pada setiap kompetisi,” ujar Valverde kepada¬†Barca TV.

“Apa yang dia perbuat bukan hanya sulit, tetapi dia melakukan itu lagi dan lagi. Hal itu membutuhkan kekuatan mental yang begitu besar.”

“Saya tak pernah mengenal siapa pun dengan semangat kompetitif yang begitu tinggi,” sambungnya.

Torehan Messi

Pujian Valverde itu tampaknya tak berlebihan. Messi terbukti mampu menutup tahun 2018 dengan torehan lebih dari 50 gol. Dia selalu mencatat lebih dari 50 gol dalam beberapa tahun terakhir.

Tak hanya itu, saat ini pencetak gol Barca terbanyak sepanjang masa itu juga sudah mencatatkan 21 gol di semua kompetisi, 15 di antaranya dia cetak di La Liga.

Torehan itu membuktikan bahwa Messi belum ingin beristirahat meski sudah meginjak usia 31 tahun. Besar kemungkinan, Messi akan kembali mencatatkan prestasi yang luar biasa pada tahun kalender 2019 ini.