Malam Tahun Baru Trafik Internet Indosat Melejit 11,4 persen

Malam tahun baru merupakan puncak dari peningkatan trafik Indosat Ooredoo. Jaringan Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik telekomunikasi yang cukup signifikan pada layanan data saat malam pergantian tahun, dimana trafik layanan data meningkat menjadi sebesar 6.730 TeraBytes, atau meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa dan meningkat 71,7 persen dibanding trafik malam puncak tahun baru tahun sebelumnya.

Kenaikan trafik telekomunikasi layanan data ini mencapai puncak peningkatannya sekitar pukul 19:00 hingga 02:00 pada tanggal 1 Januari 2019 (dinihari). Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini khususnya di berbagai daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo dan Pantai LosariMakassar.

“Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru,” ujar Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk melalui keterangan resminya,

Dilanjutkannya, trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5 persen dibanding trafik reguler hari biasa. Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, untuk trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 16,2 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Seperti telah disampaikan sebelumnya, Indosat Ooredoo telah menyiapkan semua kapasitas layanan data, suara dan SMS untuk menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru dalam rangka mengantisipasi peningkatan trafik berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte/hari.

Sementara untuk kapasitas layanan suara ditingkatkan menjadi 2.249 juta menit/hari (atau 37,49 juta Erlang/hari), kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,011 milyar SMS/hari dan kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 16.200 Terabyte