Menaker ingatkan pekerja pentingnya penguasaan bahasa asing

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengingatkan para pekerja Indonesia agar meningkatkan kemampuan dan penguasaan bahasa asing, terutama bahasa Inggris untuk menunjang pekerjaannya.

“Peningkatan kemampuan berbahasa asing dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pekerjaan. Apalagi saat ini dunia menjadi semacam desa global sehingga SDM Indonesia juga harus menguasai bahasa asing,” kata Menaker M. Hanif Dhakiri saat menghadiri launching program English for Indonesia di Kedubes InggrisJakarta, Selasa (2/10).

Menaker Hanif mengatakan selain memiliki skill tertentu dalam dunia kerja, penguasaan berbahasa asing juga penting. Terutama bahasa Inggris yang dipakai dalam banyak jenis pekerjaan.

“Kita melihat kondisi SDM di Indonesia salah satu kelemahannya adalah bahasa. Kelemahan lainya pada umumnya adalah manajemen leadership dan computer,” kata Hanif.

Oleh karena itu, Hanif meminta para pekerja Indonesia yang bekerja di dalam dan luar negeri dapat memaksimalkan program English for Indonesia yang menyediakan platform belajar bahasa inggris gratis.

“Platform ini berkualitas dan gratis, memberikan kesempatan kepada angkatan kerja belajar gratis dan meningkatkan daya saing tenaga kerja. Kompetensi teknis dan bahasa harus berjalan beriringan,” katanya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam malik, mengatakan program English for Indonesia merupakan kerjasama antara British Council dan Kedutaan Besar Inggris untuk memberikan sumber belajar mengajar yang berkualitas dan bebas biaya. Rancangan materinya disesuaikan untuk belajar dan mengajar di semua jenjang usia.

Ada 4 situs web Learning English yang bisa diakses masyarakat dengan gratis untuk belajar berbahasa inggris. Learn English Kids untuk anak-anak beserta orang tua, Learn English Teens untuk remaja, Learn English untuk dewasa, dan Teaching English untuk guru.

“English for Indonesia memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk mengakses materi belajar dan mengajar bahasa inggris kelas dunia secara gratis” kata Dubes yang fasih berbahasa Indonesia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *