Mengenal Leo Fender, Bapak Gitar Elektrik Modern

Sebagai seorang gitaris, rasanya akan sangat aneh bila kamutidak pernah mengenal nama Leo Fender. Karena dari tangan dialah gitar legendaris Fender Stratocaster dan Telecaster lahir.

Awal Karir Leo Fender

leo fender

Mengawali karir sebagai akuntan di berbagai perusahaan, Leo akhirnya harus berhenti menjadi akutan karena krisis ekonomi melanda Amerika pada masa itu. Kemudian dnegan uang sebesar $600, dia membuka Fender Radio Service yang berfokus untuk memperbaiki berbagai peralatan elektronik.

Pada masa ini, kehadiran alat musik yang disebut lap steel guitar cukup populer dan banyak digunakan untuk musik country. Leo kemudian bekerja sama dengan Clayton Orr untuk membuat sebuah perusahaan yang memproduksi lap steel guitar dan amplifier. Produk dari mereka cukup sukses di pasaran dan mendapatkan ha paten untuk sistem pick up yang digunakan atas nama Leo.

Memasuki Industri Gitar

Setelah sukses dengan lap steel guitar, Leo kemudian mencoba untuk membuat gitar listrik yang lebih mudah dibuat dan juga digunakan. Karena pada masa tersebut gitar dibuat melalui teknik solid wood. Teknik ini mengharuskan perusahaan untuk membuat gitar menggunakan bongkahan kayu yang besar.

Kemudian dia membuat prototipe gitar listri yang dia sebut sebagai Broadcaster. Pembuatan Broadcaster cukup revolusioner karena bentuknya yang sangat tipis dibandingkan dengan gitar lain yang ada pada saat itu sehingga lebih mudah dimainkan.

Selain itu karena menggunakan sistem bolt-on untuk menggabungkan bagian neck dengan body, gitar ini bisa diproduksi lebih cepat dan lebih murah dibandingkan merek lain.

Menjual Fender dan Membuat Perusahaan Lain

Keberhasilan Leo membangun Fender Guitar rupanya memang tidak berlangsung lama karena masalah kesehatan, dia harus menjual perusahaannya kepada CBS. Setelah sembuh dari penyakitnya, dia kembali mendirikan perusahaan Music Man dan juga G&L. Kedua perusahaan tadi juga cukup dikenal luas dengan produk seperti bass MusicMan StingRay dan G&L Legacy.

Yang menjadi sangat unik dari seorang Leo Fender adalah sebagai seorang pionir dalam industri gitar listrik, Leo sama sekali tidak bisa bermain gitar. Tetapi karena kerja keras dan inovasinya, dia membuktikan bahwa dia bisa berhasil dengan apa yang dia lakukan.