Mengupas 4 keuntungan Indonesia punya PLTB seperti di Eropa

 Indonesia pertama kali memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap berkapasitas 75 Mega Watt (MW) yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo kemarin. Jokowi mengaku merasa seperti di Eropa setelah meresmikan PLTB tersebut. Negara-negara Eropa yang dimaksud memiliki tenaga angin seperti Jerman, Spanyol, Italia dan Prancis.

PLTB yang terletak di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan berbentuk seperti baling-baling, dan nantinya akan menjadi pembangkit listrik tenaga angin yang menghasilkan listrik. Negara yang memiliki PLTB akan mendapatkan banyak manfaat. Berikut manfaat-manfaat tersebut:

1. Tenaga angin mengurangi pencemaran udara

Angin adalah sumber energi terbarukan, tidak menggunakan bahan bakar dan tidak ada pencemaran gas. Jumlah listrik yang dihasilkan tergantung pada kekuatan angin, jika tidak ada angin maka tidak ada listrik. Selain itu, PLTB juga bisa mengurangi 115 juta ton emisi karbon dioksida setiap tahun.

2. Sumber angin akan terus ada

Suplai angin akan terus ada dan berlimpah, bahkan tak akan pernah habis. Di Amerika Serikat, sudah 10 tahun terakhir kapasitas tenaga angin meningkat rata-rata 30 persen per tahun. Dan saat ini angin memiliki kapasitas pembangkitan terbarukan terbesar dari semua energi terbarukan di Amerika Serikat.

 

3. Adanya turbin angin bisa menguntungkan pedesaan

Turbin angin dapat dibangun di peternakan atau ladang yang ada. Ini sangat menguntungkan ekonomi di daerah pedesaan, di sana sebagian besar angin ditemukan. Karena pemilik pembangkit listrik tenaga angin melakukan pembayaran sewa kepada petani atau peternak untuk penggunaan tanah.

Ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi pemilik lahan. Petani dan peternak juga bisa terus bekerja, karena PLTB hanya menggunakan sebagian kecil dari tanah.

 

4. Satu turbin bisa menghidupkan ratusan rumah

Merdeka.com – Satu turbin angin bisa menghasilkan 1,8 Mega Watt di tempat yang menghasilkan listrik lebih dari 4,7 juta unit setiap tahun. Dengan adanya PLTB ini, cukup untuk memenuhi kebutuhan tahunan lebih dari 900 rumah tangga.

Turbin angin modern bisa menghasilkan listrik 70 sampai 85 persen tiap waktu, semua tergantung pada kecepatan angin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *