Menyiapkan Dana Darurat Itu Penting Banget, Inilah 5 Alasannya!

Di zaman sekarang, kamu harus pintar dalam mengelola keuangan. Selain menyeimbangkan antara pendapatan dan pengeluaran, jangan lupa juga untuk menyisakan uang untuk ditabung dan untuk dana darurat. Harus diingat ya, antara tabungan biasa dan dana darurat ini tidaklah sama.

Tabungan biasa adalah uang yang kamu simpan untuk tujuan tertentu, misalnya untuk berlibur, membeli rumah, atau membeli mobil. Sedangkan tabungan atau dana darurat adalah uang yang kamu simpan hanya untuk keperluan darurat saja. Walaupun saat ini kamu masih memiliki kondisi finansial yang bagus, namun tabungan darurat tetaplah penting.

Inilah 5 alasan kenapa kamu harus memiliki dana darurat.

1. Jika sewaktu-waktu kehilangan pekerjaan, kamu masih punya uang simpanan

Menyiapkan Dana Darurat Itu Penting Banget, Inilah 5 Alasannya!unsplash/Melissa Walker Horn

Hal-hal tidak terduga bisa terjadi kapan saja, oleh karena itu kamu harus siap menghadapinya. Memang saat ini kamu masih muda dan masih bekerja, namun bagaimana jika tiba-tiba kamu kehilangan pekerjaanmu?

Tanpa pekerjaan, kamu tidak punya penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Nah di saat seperti inilah kamu akan merasa beruntung karena memiliki tabungan darurat. Uang di tabungan ini bisa kamu pakai sementara sampai kamu mendapatkan pekerjaan baru.

2. Jika suatu saat kamu sakit dan harus diopname di rumah sakit, kamu punya dana untuk membayar biayanya

Menyiapkan Dana Darurat Itu Penting Banget, Inilah 5 Alasannya!pixabay/Parentingupstream

Mungkin saat ini kamu merasa kalau kamu masih muda dan sehat atau kamu punya asuransi kesehatan, sehingga kamu merasa tidak membutuhkan tabungan darurat. Nah kalau berpikir seperti ini, kamu salah banget, karena penyakit bisa datang kapan saja tanpa diundang.

Oleh karena itu kamu harus punya tabungan darurat untuk mengantisipasinya. Walaupun kamu punya asuransi kesehatan, namun terkadang ada penyakit-penyakit tertentu yang tidak ditanggung oleh asuransi. Atau ada batas limit biaya yang bisa ditanggung oleh pihak asuransi. Di saat seperti inilah kamu akan menyadari pentingnya memiliki tabungan darurat.

3. Jika kamu mengalami musibah tidak terduga, ada dana darurat yang bisa kamu pakai

Menyiapkan Dana Darurat Itu Penting Banget, Inilah 5 Alasannya!unsplash/hush naidoo

Nah sama seperti penyakit, musibah juga bisa datang kapan saja. Entah itu musibah karena bencana alam atau karena hal lainnya, misalnya saja musibah kebakaran. Kalau kamu mengalami musibah akibat bencana alam atau kebakaran ini, harta bendamu pasti habis tak tersisa.

Tapi kalau kamu sudah memiliki dana darurat untuk mengantisipasinya, kamu tidak perlu pusing lagi karena masih memiliki uang untuk menanggung biaya hidup kamu. Atau untuk membangun kembali rumahmu yang terbakar.

4. Jika suatu saat orang tuamu membutuhkan bantuanmu, kamu punya uang untuk membantu mereka

Menyiapkan Dana Darurat Itu Penting Banget, Inilah 5 Alasannya!pexels/pixabay

Tabungan darurat yang kamu miliki juga bisa kamu pakai seandainya ayah dan ibumu membutuhkan bantuanmu, misalnya saja ketika mereka sakit. Memang orang tua pasti tidak ingin membebani anaknya, tapi sudah menjadi kewajiban anak untuk merawat kedua orang tuanya.

Apalagi seandainya orang tuamu tidak memiliki asuransi kesehatan, tentu saja sebagai anak kamulah yang harus menanggung biaya rumah sakit. Bayangkan kalau kamu tidak memiliki tabungan darurat, pasti kamu akan merasa kebingungan. Atau bahkan kamu terpaksa harus berhutang untuk membayarnya.

5. Jika suatu saat kamu terjebak hutang, masih ada tabungan darurat yang bisa kamu pakai untuk melunasinya

Menyiapkan Dana Darurat Itu Penting Banget, Inilah 5 Alasannya!pixabay.com/JESHOOTS

Saat ini mungkin kamu memang masih bekerja atau masih memiliki usaha yang menjadi sumber penghasilan kamu. Tapi kalau suatu ketika kamu terjebak dalam hutang karena usahamu bangkrut atau karena hutang kartu kredit, kamu masih memiliki dana simpanan untuk melunasinya.

Nah dari kelima alasan di atas, kamu bisa lihat kan betapa pentingnya memiliki tabungan darurat. Karena itu walaupun kamu masih muda dan baru saja mulai bekerja, jangan lupa untuk selalu menyisihkan uangmu untuk tabungan darurat.

Walaupun hanya sedikit uang yang bisa kamu sisihkan, itu bukanlah masalah. Yang penting setiap bulan kamu tetap konsisten menyisihkan uangmu untuk tabungan darurat.