Minum Obat Campur Air Soda Tanpa Jarak Waktu, Berbahayakah?

Seorang wanita di Ciputat, Tangerang Selatan, tengah dirawat karena berusaha bunuh diri dengan membakar dirinya. Hal itu ia lakukan karena usaha bunuh diri sebelumnya dengan minum obat dicampur soda gagal.

Inspirasi sang wanita untuk bunuh diri dengan minum obat dan minuman bersoda kemungkinan datang dari anggapan populer bahwa dua hal tersebut berbahaya bila dicampur. Apa kata ahli tentang hal ini?

Ahli ginjal dr Tunggul D. Situmorang, SpPD, KGH, mengatakan bahwa obat dan minuman bersoda pada dasarnya memang bisa menimbulkan reaksi. Hanya saja reaksi antara keduanya tidak akan menimbulkan efek fatal.

“Memang ada reaksinya, tapi nggak ada ceritanya seperti itu (minum obat dengan soda -red) bikin mati,” kata dr Tunggul beberapa¬†waktu lalu¬†dan dikutip Kamis (8/11/2018).

Dijelaskan lebih jauh bahwa minuman bersoda kemungkinan bisa mengganggu proses penyerapan obat ke dalam tubuh. Nah hal yang sama juga bisa terjadi dengan susu, kopi, atau teh oleh karena itu dianjurkan minum obat dengan air putih.

Air putih bisa membantu melarutkan obat yang dikonsumsi di dalam lambung sehingga proses penyerapannya menjadi lebih baik dan lebih mudah. Selain itu air putih juga tidak mengandung kalori ekstra dari gula yang mungkin tidak baik bagi beberapa orang seperti pasien diabetes contohnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *