Ngeri, Ternyata ini Loh 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Pedas!

Hampir semua orang pasti menyukai yang namanya makanan pedas. Entah pedas levelnya biasa, sampai yang levelnya bikin mata berkaca-kaca. Cabai memang dapat memberikan manfaat yang positif bagi tubuh. Tapi kalau dikonsumsi secara berlebihan juga gak baik.

Tapi, tahukah kamu kalau sebenarnya pedas bukanlah rasa? Pedas merupakan suatu sensasi yang muncul akibat zat kimia bernama capcaisin. Karna terbentuk dari zat kimia, maka pedas juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah dalam tubuh.

Nah, berikut ada 5 bahaya yang bisa menyerang tubuhmu jika terlalu sering makan makanan pedas. Kira-kira bahaya apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1. Refluks asam

Ngeri, Ternyata ini Loh 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Pedas!drhoffman.com

Bagi kalian yang memiliki riwayat penyakit lambung. Makan makanan pedas bukanlah pilihan yang tepat. Kalau kalian tetap memaksakan diri untuk memakan makanan pedas, kalian bisa saja akan mengalami refluks asam. Refluks asam merupakan suatu kondisi dimana kadar asam pada lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika asam lambung sudah mencapai kerongkongan, tentunya hal tersebut akan merusak kondisi kerongkongan.

Bahkan tidak hanya sampai merusak kerongkongan, makanan pedas juga dapat memicu penyakit yang lebih serius lagi seperti kanker mulut dan kanker nasofaring. Maka dari itu, jangan pernah sepelekan bahaya dari makanan pedas.

2. Dapat menyebabkan lidah mati rasa

Ngeri, Ternyata ini Loh 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Pedas!unsplash.com/Peter Hershey

Kalian tau gak kalau makan makanan pedas itu bisa menyebabkan penebalan pada lidah. Awalnya lidah akan terasa seperti terbakar, lama kelamaan ia akan mati rasa. Jadi saat mengkonsumsi makanan, kalian gak bisa lagi merasakan yang namanya rasa manis, asin, ataupun pedas. Waduh, kalau sudah begitu bahaya juga ya!

3. Menyebabkan penyakit maag akut

Ngeri, Ternyata ini Loh 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Pedas!sickchirpse.com

Terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan rapuhnya permukaan lambung, sehingga lambung menjadi mudah terluka. Sehingga, terlalu banyak makanan jenis ini bisa memicu terjadinya gastritis atau maag akut akibat terjadinya peradangan pada lapisan lambung.

Gejala penyakit ini adalah mual, muntah, perut kembung, dan diare. Nah, kalau kalian sudah merasakan salah satu gejala tersebut setelah makan makanan pedas, maka kalian wajib waspada.

 

4. Insomnia

Ngeri, Ternyata ini Loh 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Pedas!unsplash.com/Bruce Mars

Siapa sangka jika terlalu sering makan makanan pedas dapat menyebabkan insomnia atau susah tidur pada malam hari loh! Biasanya efek dari makanan pedas tidak langsung dirasakan. Dan efek tersebut baru dirasakan beberapa jam setelah mengkonsumsi makanan pedas. Jadi, sebaiknya kamu tidak memakan makanan pedas saat ingin tidur di malam hari ya!

5. Perut terasa mulas sampai nyeri!

Ngeri, Ternyata ini Loh 5 Bahaya Jika Terlalu Sering Makan Pedas!healtheoz.com

Perut mulas adalah gejalah awal yang pasti dirasakan oleh orang-orang setelah makan pedas. Walaupun kelihatannya enteng, tapi jika dibiarkan dapat menyebkan penyakit yang cukup serius. Makanan pedas dapat mempercepat gerakan di usus yang mempermudah terjadinya diare.

Mengonsumsi cabai terlalu banyak bisa membuat dindin lambut iritasi. Selain itu efek iritasi dari makanan pedas bisa langsung terasa saat sampai di usus besar. Kalau sudah begini perut akan terasa nyeri.

Nah, itulah tadi 5 bahaya jika kamu terlalu sering makan makanan pedas. Jadi, kamu jangan sering-sering makan makanan pedas ya!