Pejabat Korsel berani menegur Kim Jong-un untuk berhenti merokok

Dalam jamuan makan malam di Ibu Kota Pyongyang awal bulan ini, pejabat Korea Selatan Chung Eui-yong, 71 tahun, sempat meminta pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berhenti merokok.

Dilansir dari South China Morning Post, Rabu (11/4), permintaan Chung itu sempat membuat situasi jamuan makan malam menjadi tegang. Kim Yong-chul, pejabat intelijen Korut berubah ekspresi wajahnya menahan amarah ketika mendengar permintaan pejabat Korsel itu.

Namun beruntung, Ri Sol-ju, istri Kim Jong-un, menjadi penyelamat. Sambil bertepuk tangan Ri mengatakan, “Dia (Kim) tidak mau dengar kalau saya minta berhenti merokok.” Kalimat itu rupanya membuat suasana kembali tenang. Kim tidak keberatan dengan permintaan Chung.

Media Jepang Asahi Shimbun melaporkan kabar itu baru-baru ini dengan mengutip sejumlah sumber.

kim jong un sedang merokok Reuters 

Kim Jong-un selama ini memang dipandang sebagai sosok setengah dewa di Korut. Orang yang berani meminta sesuatu atau menentangnya bisa dianggap sudah bosan hidup.

Boleh jadi Kim mau menuruti permintaan tamunya karena memandang usianya yang jauh lebih tua darinya. Di Korea usia lebih tua atau lebih senior masih dipandang berpengaruh.

Chung mengunjungi Pyongyang bersama delegasi Korsel atas undangan Korut sebagai bentuk lawatan balasan setelah adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong hadir dalam acara Olimpiade Musim Dingin di Korsel bulan lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *