Pemimpin Al Qaidah serukan jihad lawan AS jelang pemindahan kedutaan

Pemimpin Al Qaidah Ayman al-Zawahri merilis sebuah video ditujukan ke Amerika Serikat kemarin, setelah negara tersebut berencana memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, Tepi Barat.

Dalam video berdurasi empat menit 43 detik itu, Zawahri,dokter asal Mesir yang menggantikan kepemimpinan Usamah Bin Ladin itu, mengatakan seruan kepada umat Islam untuk berjihad melawan AS. Sebab, saat ini semua negara muslim telah mengakui Israel sebagai negara dengan cara menandatangani piagam PBB.

Selain itu, Zawahri juga menuding otoritas Palestina telah menjual negara tersebut. Keputusan AS untuk memindahkan kedutaannya ke Yerusalem membuktikan bahwa Palestina telah gagal dalam kebijakan negosiasinya.

“Banyak negara yang telah menjalin hubungan terbuka atau rahasia dengan Israel dan telah menerima Tel Aviv dan Yerusalem Barat menjadi ibu kota Israel. Padahal itu juga merupakan tanah Muslim yang tidak dapat diserahkan kepada orang Yahudi,” katanya, dikutip dari Haaretz, Senin (14/5).

Pesan terakhir yang dirilis oleh Zawahri dikeluarkan pada Februari. Pada kesempatan itu, dia meminta Mesir untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Abdul Fatah al-Sisi dalam pemilu Maret.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *