Penantian dalam gelap itu berakhir dengan air mata bahagia

 Suara bising klakson kendaraan dan aksi swafoto mewarnai kegembiraan warga Thailand ketika mendengar kabar ke-12 bocah tim sepak bolaMoo Pa dan pelatihnya yang terperangkap dalam gua Tham Luang akhirnya keluar dengan selamat kemarin.

Drama penantian keluarga dan warga yang mengikuti perkembangan kabar pencarian dan operasi penyelamatan ini berakhir bahagia. Peristiwa menegangkan selama dua pekan lebih ini bermula ketika tim sepak bola remaja Moo Pa dan asisten pelatih mereka berkunjung ke gua Tham Luang di sebelah utara Thailand usai berlatih pada 23 Juni lalu. Hujan deras yang mengguyur kawasan gua membuat mereka terperangkap di salah satu terowongan di celah sempit.

Dua penyelam asal Inggris menemukan mereka 9 Juli lalu dan operasi penyelamatan pun dilakukan dengan komando dari Angkatan Laut Thailand.

“Ini kejadian penting dalam hidup saya. Ini peristiwa yang akan saya kenang,” ujar Rachapol Ngamgrabuan, petugas di kantor informasi media di Provinsi Chiang Rai.

“Ada kalanya saya meneteskan air mata. Bahagia. Sangat bahagia melihat seluruh warga Thailand saling menyayangi.”

Selama dua pekan terakhir rakyat Thailand selalu memantau perkembangan peristiwa ini melalui berita televisi, ponsel, dan layar komputer. Begitu pula sebagian warga dunia di negara lain.

tim sepak bola remaja thailand hilang dalam gua Facebook

 

Dilansir dari laman the Straits Times, Selasa (10/7), warga Thailand membanjiri media sosial dengan tagar #Hooyah, kata yang dipakai Angkatan Laut untuk membangun semangat. Tagar lain termasuk #Pahlawan dan #Terimakasih.

“Kalian pahlawan kami,” kata pengguna medsos merujuk gambar kartun memperlihatkan ke-12 bocah dan pelatihnya serta puluhan petugas tim penyelamat, sukarelawan, dan personel militer.

Perdana Menteri Prayut Chan-ocha kemarin mengatakan dia akan merayakan keberhasilan ini dengan mengundang pesta semua pihak yang terlibat dalam misi penyelamatan.

“Kita akan jamu makan-makan semuanya,” kata Prayut.

Perusahaan ritel terkemuka Thailand Central Grup dan The Mall Group juga memberikan dukungan mereka untuk perayaan ini.

“Kami tidak yakin apakah ini mukjizat, sains, atau apa. Seluruh 13 anggota tim Moo Pa kini sudah keluar dari gua,” kata pernyataan Angkatan Laut Thailand dalam laman Facebook mereka kemarin.

Klub sepak bola asal Inggris Manchester United dalam akun Twitter resmi mereka mengatakan ikut lega dengan kabar bocah-bocah Thailand dan pelatihnya yang selamat keluar dari gua. MU bahkan mengundang tim sepak bola mereka dan tim penyelamat mengunjungi stadion Old Trafford.