Perlukah Memanaskan Mesin Mobil?

Sebagian orang mempertanyakan alasan kenapa mesin mobil perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikendarai. Inilah alasannya….

Sebagian orang mempertanyakan alasan kenapa mesin mobil perlu dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikendarai. Mereka berpikir mesin mobil saat ini sudah canggih sehingga tak perlu lagi ritual memanaskan mesin.

Memang mesin mobil tak seperti mesin mobil jaman bapak kita yang masih menggunakan  karburator, saat ini mesin mobil rata-rata sudah terkomputerisasi. Tapi tetap saja mesin butuh dipanaskan dulu.

Kenapa mesin yang sudah canggih ini masih butuh dipanaskan? Alasan pertama adalah memberi kesempatan pada oli yang berada dibawah mesin untuk naik dan melumasi semua komponen mesin.

Memang, beberapa produsen oli mengklaim bahwa produknya mampu menjangkau area-area mesin yang memerlukan pelumasan dengan cepat dan mudah. Tapi biasanya oli dengan kemampuan seperti itu harganya selangit. Jika oli yang Anda pergunakan hanya oli reguler, maka ritual memanaskan mesin adalah solusi untuk menghindari keausan mesin. Lagipula, mesin yang bekerja pada suhu ideal akan menghemat konsumsi bahan bakar

Berikut adalah cara yang tepat untuk memanaskan mesin sebelum beraktivitas:

  • Periksa kondisi air radiator tiap minggu
  • Hidupkan mesin (kocok pedal gas dua sampai tiga kali untuk mesin karburator)
  • Biarkan mesin menyala sampai temperatur mesin naik sepertiganya.
  • Sembari mesin menyala, Anda bisa mengecek kondisi keempat roda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *