Produk Ini Bisa Bikin Mobil Anda Tampil Kinclong dan Bebas Kusam

Musim hujan telah tiba. Biasanya curah hujan yang tinggi menjadi momok bagi pemilik kendaraan bermotor terutama mobil.

Pasalnya, air hujan, lumpur, dan tanah berpotensi merusak bodi mobil, lantaran air hujan mengandung asam dan polusi dapat menyebabkan jamur serta karat pada lapisan cat mobil.

Namun, ada beberapa tips mudah untuk merawat bodi mobil kesayangan Anda dengan maksimal, tanpa harus ke salon mobil.

Tips dan trick mudah merawat mobil agar terlihat bersih dan terawat ini datang trainer Sonax Indonesia, Mochamad Edy.

Sonax adalah perusahaan asal Jerman yang memproduksi ‘obat’ untuk merawat bodi kendaraan.

Menurut Edt, perawatan mobil dibagi menjadi lima langkah, yakni mencuci, claying, polish, protection, dan maintenance.

Langkah pertama, mencuci. Hal yang perlu diperhatikan saat mencuci adalah air dan sampo yang digunakan.

Umumnya, air yang baik digunakan untuk mencuci haruslah memiliki Ph 7 atau netral dan tidak mengandung mineral, seperti air PAM.

Namun, hal ini kadang kurang diperhatikan dan masih saja ada yang menggunakan air tanah alias kondisi airnya tidak memiliki Ph 7.

Nah, di sinilah peran sampo, Sonax Xtreme active sampo 2 in 1 berfungsi menetralisasi Ph air, sekaligus melapisi mineral pada air sehingga meminimalisasi baret halus yang kerap muncul pada cat mobil kesayangan Anda.

Produk ini cocok juga untuk merawat kendaraan yang sudah di-wax, bahkan di-coating. Sebab sampo ini tidak mengandung deterjen dan sulfur.

Langkah kedua; claying yang disarankan dilakukan satu bulan sekali. Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang awam, bahkan tidak paham kegunaan dan cara melakukan claying kendaraannya.

Pada proses claying ini, kita dapat membersihkan permukaan cat dari polusi-polusi, seperti oksidasi, overspray, getah pohon, bahkan jamur.

Polusi-polusi tersebut pada umumnya menyebabkan kendaraan menjadi kasar dan kusam.

“Proses claying sebenarnya mudah dan bisa diaplikasikan sendiri di rumah. Cukup menggunakan produk Sonax Xtreme spray and clay,” ujarnya diĀ Jakarta, baru-baru ini.

Prosesnya pun hanya dengan menggosokkan clay bar dan menyemprotkan lubrikasi yang didapatkan dari product xtrme spray and clay pada permukaan cat Anda.

Cat Anda pun akan menjadi bebas dari polusi dan halus.

produk sonax 2018

Polish

Ketiga adalah polish. Pada langkah ini, kita mengunakan Xtreme polish wax 2 atau 3. Polish yang dimaksud adalah menghilangkan baret halus dan kusam pada kendaraan Anda.

Umumnya, baret halus akibat proses pencucian yang salah sehingga menyebabkan permukaan cat kendaraan Anda menjadi tampak kusam.

Apabila cat kendaraan kusam karena baret halus yang cukup banyak, maka gunakanlah Xtreme polish and wax 3.

Apabila kendaraan Anda hanya baret halus, maka gunakanlah Xtreme polish and wax 2.

Cara pengaplikasikannya pun mudah. Bagi Anda yang memiliki mesin poles sendiri di rumah, maka dapat menggunakannya dengan produk tersebut.

Namun, Anda juga bisa mengunakan media P-ball dengan cara manual tanpa mesin.

Prosesnya, cukup menggosok bagian yang mau di-polish secara merata sampai baret dan kusamnya hilang.

Langkah selanjutnya, proteksi atau perlindungan permukaan cat kendaran. Ada beberapa opsi perlindungan saat ini, yakni coating dan wax.

Coating pada umumnya banyak di tawarkan oleh salon mobil, dan biasanya memakan biaya tidak murah. Nah, alternatif kedua adalah Wax.

Pengaplikasian wax cukup mudah. Hanya mengunakan aplikator sponge dan dioleskan secara merata pada permukaan cat kendaraan Anda dengan mengunakan Xtreme brilliant wax 1.

Tujuan utamanya, kendaraan di-wax untuk melindungi lapisan cat kesayangan dari polusi, seperti oksidasi, jamur, kotoran burung, dan getah pohon.

Polusi-polusi tersebut dapat menimbulkan kerusakan permanen.

Terakhir, setelah bodi mobil dicuci, kemudian claying, polish, dan diberi perlindungan kendaraan, kita juga tetap harus menjaga kondisinya.

Bodi mobil tinggal disemprot menggunakan Xtreme Brilliant Shine Detailer, dan Xtreme Spray and Seal untuk perawatan harian atau mingguan.

Kedua produk ini dapat memberikan lapisan watersheeting sehingga permukaan kendaraan Anda seperti daun talas, yang mana air tidak menetap pada permukaan cat.

Sehingga Anda tidak usah takut lagi kendaraan menjadi kotor karena hujan.

Mudahkan bukan tipsnya, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *