Proyek Motor 6 Silinder Honda Berlanjut, Debut Tahun 2019

Pada Juli 2018 lalu, Honda Motor mematenkan desain motor baru mereka yang bergaya cafe racer. Tak tanggung-tanggung, dilansir dari Motorcycle.com, pabrikan berlogo sayap itu akan menyematkan mesin 6-silinder dan knalpot 6-muffler. Menurut sumber yang sama, dapur pacu tersebut akan berkapasitas 900cc. Karena kubikasi itu, motor ini bernama Honda CBX900.

Kini, mengutip dari Greatbiker.com, motor gede (moge) ini akan mulai diproduksi pada tahun 2019 mendatang. Namun, sebelum itu, kemungkinan Honda CBX900 akan diperkenalkan dalam gelaran EICMA 2018, Milan, Italia, November mendatang.

Desain Honda CBX900 (Motorcycle.com)

Secara visual, Honda CBX900 ini begitu kental dengan nuansa cafe-racer berkat pemasangan half-fairing, spion bulat, dan stang under-yoke. Tak lupa, bagian buritan juga dibuat layaknya buntut tawon, sesuai ciri khas motor balap jalanan Britania Raya zaman dulu.

Meski bergaya retro, teknologi yang digunakan tentunya tetap modern. Terlihat dari penggunaan 4 LED headlight dan sistem pengabutan injeksi. Selain itu, sistem pendingin cairan Honda CBX diletakkan di antara mesin dan header knalpot, berbeda dengan motor kebanyakan.

Sekada informasi, Honda pertama kali merilis motor 6-silinder pada tahun 1978 dengan nama yang sama, Honda CBX. Waktu itu, motor ini memiliki tenaga paling besar di kelasnya, 105 hp. Dapur pacu besar ini ditopang rangka tubular, suspensi depan teleskopik, dan dual-suspension di belakang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *