Renault dan Porsche memilih absen di GIIAS 2018

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini menjanjikan kemeriahan lebih dibandingkan tahun lalu. Panitia penyelenggara melaporkan lebih dari 40 mobil terbaru dan konsep akan meluncur di pameran yang berlangsung di ICE, BSD City, Tangerang, mulai 2-12 Agustus.

Agus Riyadi, Project Director Seven Events, penyelenggara pameran, menjelaskan dalam satu bulan terakhir persiapan pameran, Renault dan Porsche mundur dari GIIAS Tahun ini. “Alasan mereka internal, yakni ketiadaan model mobil yang akan dipamerkan. Namun, kami enggan eksplorasi lebih lanjut alasan internal tersebut,” ujar Agus diĀ Jakarta, kemarin.

Meski tanpa Renault dan Porsche, kata Agus, merek-merek otomotif dunia lain yang ikutan GIIAS tahun ini lebih banyak. Mereka antara lain Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, dan Mazda. Kemudian Mercedes-Benz, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling. Sementara dari kendaraan komersial yang ikutan adalah FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, dan UD Trucks.

Masuki era Euro4

GIIAS tahun ini mengambil tema “Beyond Mobility” dengan Astra Financial sebagai sponsor platinum, dan Protera & LLumar sebagai sponsor gold. Tema Beyond Mobility merupakan sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia. Tema tersebut tercermin dalam berbagai produk yang hadir sepanjang penyelenggaraan GIIAS 2018.

Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, menyatakan GIIAS ditujukan sebagai ajang yang dapat memberikan informasi terkini kepada masyarakat Indonesia mengenai perkembangan industri otomotif nasional dan global.

Kami ingin agar GIIAS dapat menjadi tempat mensosialisasikan berbagai informasi dan kebijakan terbaru dari industri otomotif Indonesia. Tujuannya agar mendapatkan pengertian dan dukungan dari publik, demi pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia, ujarnya.

Menurut dia, GIIAS kali ini istimewa untuk Gaikindo karena ada dua acara penting yang akan dilaksanakan, yakni deklarasi yang menandai Indonesia memasuki era Euro4. Dan yang kedua, pemerintah berencana meluncurkan Alat Mekanik Multiguna Pedesaan (AMMDes), sebagai satu lagi pencapaian industri di Indonesia. Kedua momen tersebut memberikan kebanggaan tersendiri bagi Gaikindo.