Samsung jadi pemasok layar lengkung bagi Oppo?

Tak dipungkiri memang bahwa Samsung memiliki keunggulan di bidang pembuatan layar. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah terkenal dalam hal itu dan banyak dipakai sebagai pemasok utama dalam layar smartphone.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung bakal menjadi suplier layar lengkung untuk Oppo. Dilansir Gizmochina, Samsung menyuplai panel OLED fleksibel berukuran 6,42 inci kepada Oppo yang akan dikirim pada bulan ini.

Namun, karena ‘Edge’ sudah menjadi merk dagang Samsung, maka belum pasti apa nama yang akan Oppo pakai untuk menyoroti elemen layar lengkung tersebut di smartphone mereka.

Untuk diketahui, layar lengkung ini dapat dipastikan bukan untuk smartphone flagship terbaru Oppo, yaitu Find X.

Sebab, Find X sudah siap rilis pada pertengahan Juni ini, sementara pengiriman layar OLED Samsung baru dilakukan pada akhir bulan.

Harga yang dibayar Oppo untuk layar ini juga lima kali lipat lebih mahal, dari harga normal US$ 20 (sekitar Rp 278 ribu) menjadi US$ 100 (sekitar Rp 1,3 juta).

Diperkirakan, smartphone Oppo dengan layar lengkung baru akan rilis pada Juli dan Agustus mendatang. Sebagai informasi, saat ini produk Oppo berada di posisi tiga besar di Indonesia, sedangkan Samsung berhasil menduduki posisi nomor wahid.

Hanya dalam hitungan hari, Oppo akan mengumumkan produk flagship teranyar mereka, yaitu Find X.

Sebelum produk tersebut diperlihatkan di Kota Paris, Oppo Find X terlebih dulu singgah di TENAA, badan sertifikasi Tiongkok.

Dilansir GSM Arena, informasi di situs TENAA telah dihilangkan, tetapi kabar telah tersebar bahwa Oppo Find X memiliki dua varian dengan dua nomor model PAFM00 dan PAFT00.

Kedua varian tersebut memiliki RAM 8GB, dan Android Oreo, juga diperkirakan turut membawa sistem operasi ColorOS milik Oppo.

Bodi Oppo Find X memiliki dimensi 156,7 x 74,3 x 9,4mm dan berat 186 gram.

Layarnya sendiri cukup luas, yaitu mencapai 6,4 inci dengan panel AMOLED, sehingga terbuka kemungkinan adanya pemindai sidik jari di bagian bawah.

Dari segi kamera, Oppo Find X memiliki resolusi 20MP dan 16MP, serta kamera selfie 25MP.

Baterainya memiliki daya 3.645 mAh dan tak tertutup kemungkinan mendukung VOOC Charging yang bisa membuat baterai penuh hanya dalam pengisian 30 menit.

Find X yang merupakan penerus Find 7 itu akan mengusung tren notch alias poni di depan layar. Hanya, bentuknya akan sedikit berbeda dengan notch smartphone yang ada di pasaran.

Notch dari Find X sendiri terkuak dari media sosial Weibo di Tiongkok. Dari desain tersebut, terpampang desain Find X yang berbeda dari desain yang sebelumnya sudah beredar.

Sudah pasti yang paling berbeda adalah notch di depan layar. Kalau bocoran sebelumnya memperlihatkan notch yang mirip dengan Oppo F7, notch pada Find X justru memiliki desain poni pipih melingkar.

Adapun desain notch yang berbeda ini sebetulnya sudah bukan rahasia. Pasalnya, vendor asal Negeri Tirai Bambu tersebut sudah lebih dulu mengajukan salah satu paten desain notch ke Kantor Kekayaan Intelektual Negara Bagian Tiongkok pada 2017 lalu.

Dari foto paten desain yang diajukan, terdapat lima desain yang ditawarkan, ada notch yang bentuknya setengah lingkaran, setengah persegi, setengah elips, segitiga terbalik, hingga desain notch persegi dengan tepian sedikit membulat.

Kalau memang betul Oppo bakal menerapkan notch anti-mainstream ini, bisa jadi layar Find X akan makin luas. Screen to body ratio-nya bahkan bisa mencapai 98 persen. Terlebih, layar smartphone ini kabarnya akan disematkan teknologi AMOLED yang kian memanjakan mata pengguna.