Sarapan Pagi dengan Bassang Kuliner Khas Makassar

Kota Makassar terkenal dengan kekayaan kulinernya. Seakan tidak ada habisnya jika membicarakan makanan khas kota ini.

Kuliner yang melekat di telinga masyarakat ketika orang menyebut makanan khas Makassar, yakni Coto Makassar, Pisang Ijo, Pisang Epe, Sop Konro, dan lain sebagainya.

Namun, selain makanan-makanan itu ada kuliner lain yang tak kalah enak, seperti jajanan nasi kuning dan bubur ayam di Makassar. Kabarmakassar.com mencoba mengajak pembaca untuk mencoba mencicipi makanan khas Makassar yakni Bassang, olahan seperti bubur dari biji jagung dan juga campuran santan serta bumbu lainnya.

Meski kerap dijajakan keliling oleh penjual Bassang, tetapi kita juga dapat membuat sendiri dari resep sederhana khas Makassar. Pasalnya, kuliner ini merupakan olahan yang cukup mudah membuatnya.

Bassang merupakan makanan tempo dulu yang berselera Nusantara. Bahan utamanya berupa jagung pulut (jagung ketan) khas Sulawesi. Untuk membuatnya, biji jagung pulut yang sudah tua dikeluarkan kulit bijinya sehingga jagung terlihat sangat putih.

Kemudian, bulir jagung itu direndam satu malam lalu dimasak hingga airnya, kemudian tambahkan santan dan daun pandan. Masak hingga jagung menjadi empuk. Selanjutnya santan dikentalkan menggunakan campuran tepung terigu dan sedikit air. Lalu diberi garam dan vanili, aduk hingga rata.

Bassang lebih enak dihidangkan dalam keadaan panas dan diberi gula pasir secukupnya pada waktu disajikan. Rempah-rempah lain bisa saja ditambahkan ke dalam bassang seperti jahe, tergantung kesukaan masing-masing, misalnya kalau tak suka yang manis boleh tambah penyedap saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *