Saudi tolak pemindahan kedutaan AS ke Yerusalem

Pemerintah Arab Saudi hari ini menentang pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem, Tepi Barat.

“Kerajaan menolak keputusan pemerintah Amerika memindahkan kedutaannya ke Yerusalem,” kata pernyataan Dewan Menteri melalui kantor berita pemerintah SPA, seperti dilansir laman AFP, Selasa (15/5).

“Langkah ini menggambarkan prasangka terhadap hak rakyat Palestina yang sudah dijamin oleh resolusi internasional. Pemerintah Arab Saudi sudah memperingatkan dampak buruk dari langkah ini,” lanjut SPA.

Dewan Menteri juga kembali menegaskan kecaman terhadap tindakan tentara Israel membantai lebih dari 55 warga Palestina di sepanjang perbatasan Jalur Gaza kemarin.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Desember lalu sudah pernah mengatakan kepada Trump, Saudi mendukung hak bersejarah rakyat Palestina. Selanjutnya Raja Salman meyakinkan Trump bahwa setiap deklarasi Yerusalem sebelum ada kesepakatan akan membahayakan perundingan damai Palestina-Israel yang sedang berlangsung.

Raja Salman juga menambahkan, pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem termasuk langkah berbahaya, yang bisa memberikan efek negatif dan menyinggung mayoritas muslim di seluruh dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *