Siapa Bilang Snacking ‘Haram’ Saat Diet?

Sebagian orang mungkin menganggap jika diet harusnya tak sering-sering ngemil. Selain dianggap bisa menyebabkan diet menjadi gagal, ngemil juga diyakini bisa membuat kebiasaan makan jadi sulit dihentikan. Padahal anggapan semacam itu jelas salah lho, Ladies.

Menurut ahli diet sehat Inggris, Juliette Kellow, snacking tetap diperlukan oleh tubuh, bahkan saat diet sekalipun. Apalagi setelah berolahraga, ngemil yang tepat dibutuhkan untuk mengganti energi yang hilang akibat pembakaran kalori dalam tubuh.

Hanya Kellow menegaskan apabila snacking tak bisa dilakukan sembarangan. Camilan harus tetap menyehatkan, dan jumlah kalorinya tak lebih dari 200 kali per hari. Menurutnya, langkah tersebut cukup efektif meningkatkan nutrisi tubuh serta mencegah lapar, sehingga justru lebih berguna untuk menunjang diet sehat.

Lalu, makanan apa saja yang ‘halal’ untuk snacking selama diet sehat?

Kedelai Jepang

© pixabay

Di beberapa kafe atau tempat makan, kedelai Jepang atau yang lumrah disebut edamame menjadi salah satu camilan yang ‘halal’ untuk diet sehat. Di samping rendah kalori, edamame mengandung asam folat, mineral juga zat antioksidan. Kandungan tersebut begitu berguna bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, supaya lebih maksimal manfaatnya sajikan edamae dengan cara direbus. Kamu bisa membuat airnya dan memakannya sebagai kudapan, atau bisa pula dicampur dalam sup.

Almond dan Cokelat Hitam

© pixabay

Almond memang dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang banyak dikonsumsi sebagai camilan diet, tetapi bagaimana dengan cokelat? Mungkin kamu bertanya, mengingat jumlah kalori cokelat tidaklah sedikit. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk cokelat hitam. Makanan tersebut rendah lemak sekaligus rendah kalori.

Sebaliknya, cokelat hitam tinggi kandungan flavonoid-nya, salah satu zat antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Sementara almond mengandung lemak tak jenuh, yang bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Kombinasi kedua makanan itu pun efektif meredam nafsu makan berlebihan.

Buah-Buahan dan Yogurt

© pixabay

Kedua makanan tersebut tidak saja menyegarkan dan menyehatkan, tetapi juga rendah kalori. Buah-buahan kaya vitamin dan mineral, sementara yogurt tinggi protein. Kombinasi kedunya amat cocok dijadikan camilan sehat selama diet. Apalagi yogurt juga bermanfaat bagi pencernaan. Jadi, selain lezat dan bergizi tinggi, camilan sehat tersebut juga efektif menunda lapar.

Sandwich Gandum Madu

© pixabay

Ada banyak sekali olahan gandum yang bisa dijadikan camilan sehat. Ini karena gandum kaya serat yang dapat mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Selain roti, kamu juga bisa snacking sandwich gandum madu. Kombinasi gandum dengan madu yang rendah kalori banyak mengandung flavonoid yang dapat berperan sebagai antioksidan. Zat tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, agar tak mudah sakit.

(c)IntiGandum

Menariknya, kini ada sandwich gandum madu pertama di Indonesia dari Inti Gandum. Boleh dibilang Inti Gandum ini camilan kekinian yang cocok banget untuk diet sehat. Apalagi pilihan rasa yang lezat. Selain Honey Banana, sandwich gandum madu dari Inti Gandum juga tersedia dalam rasa Chocolate. Dengan hadirnya Indofood Inti Gandum yang diproduksi dari Indofood ini pun, memilih camilan tepat untuk diet sehat pun tak lagi merepotkan. Sebab, dengan kemasan yang praktis, Ladies bisa menikmati sandwich gandum madu kapan saja dan di mana saja.