Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android User

Kita semua tahu kalau browser seperti Chrome, Mozilla, UC Browser, dan browser terkenal lainnya kerap mengonsumsi memori yang besar sehingga membuat smartphone kita jadi lemot. Namun, sekarang kalian tidak perlu khawatir. Kamu dapat menggunakan 10 browser alternatif yang sangat ringan ini agar dapat menghemat memori smartphone Androidmu. Apa saja? Mari kita bahas!

1. Naked Browser

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Userwww.agemobile.com

Naked Browser merupakan browser paling minimalis yang pernah ada. Karena browser ini hanya berukuran sebesar 103 KB. Walaupun kesannya jadul dan tampilannya kurang menarik, namun browser ini sangat simpel. Kesederhanaan dan kecepatan dalam mengakses internet merupakan motto utama Naked Browser, sampai smartphone low budget pun dapat mengakses internet dengan lancar.

Dengan browser ini, kita tidak perlu khawatir akan munculnya iklan. Developer browser ini (FEVERISH DEVELOPMENT) juga sudah mengantisipasi akan adanya iklan, sehingga membuat browser ini menjadi browser bebas iklan. Sangat menarik, bukan? Kalian dapat mengunduhnya di Play Store.

2. Via

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Userplay.google.com

Browser berikutnya adalah Via Browser. Via Browser tidak hanya simpel, namun tampilannya juga menarik. Browser dengan ukuran 536 KB ini terbukti menjadi alternatif browser ringan setelah Naked Browser yang sangat direkomendasikan. Karena jika kalian tidak suka dengan tampilan Naked Browser, kalian dapat mengunduh Via Browser sebagai alternatif kedua agar dapat mengakses internet secara lancar dan nyaman.

Dengan browser ini, kalian dapat setting sendiri tema dan background tampilan Via Browser yang sesuai dengan kehendak kalian. Kalian juga tidak akan menemukan adanya iklan, karena Via Browser juga memiliki fitur AD block yang sudah default. Bagaimana cukup keren, bukan?

3. XBrowser

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android UserYoutube.com/Ikram Aamir

XBrowser atau eXtreme merupakan salah satu browser ringan berikutnya yang sangat direkomendasikan bagi kalian. Ukuran aplikasi ini sekitar 783 KB dan memiliki tampilan yang hampir sama dengan Via Browser, hanya saja ukurannya lebih besar.

Dengan adanya browser ini kalian juga dapat kustomisasi sendiri tema serta background browser kalian agar sesuai dengan selera kalian. Dengan adanya fitur AD Block, kalian juga tidak perlu khawatir lagi dengan adanya iklan.

4. Monument Browser

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Usersmartdroid.de

Monument Browser, dari namanya mungkin kalian mengira ini merupakan browser khusus pencari monumen bersejarah. Namun tidak, Monument Browser ini juga merupakan alternatif browser ringan berikutnya yang dapat kalian unduh di Play Store. Browser ini berukuran sebesar 0,95 MB dan dilengkapi dengan fitur Fast Downloads (Unduh Cepat) serta AD block yang sangat ampuh dalam menghalau iklan-iklan.

Selain itu, browser ini juga cocok untuk kalian yang suka kerja multitasking. Karena dengan adanya fitur Floating Windows, kalian dapat membuka situs lain tanpa harus gonta-ganti tab halaman situsnya.

5. Lightning Web Browser

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Usersteemit.com

Seperti namanya Lightning (petir), browser ini memiliki ukuran sekitar 1,7 MB dan merupakan salah satu browser ringan tercepat di Play Store. Dengan motto 3S-nya (SpeedSimplicity, dan Security), browser ini merupakan browser ringan tercepat yang dirancang secara simpel dan bersifat efisien. Kalian juga dapat mendesain sendiri tema maupun background browser yang sesuai selera kalian.

6. Pure Browser

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Userwww.appkonthai.com

Sesuai namanya yakni Pure (murni), Pure Browser menawarkan pengalaman browsing yang murni dari adanya iklan. Pure Browser memiliki ukuran sebesar 2,8 MB dan merupakan browser minimalis dengan akses internet yang cukup cepat.

AD blocker yang terpasang juga merupakan anti iklan yang kuat sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi apabila mau browsing, download game, download film, maupun streaming. Dengan adanya browser ini, kalian dapat surfing internet secara aman dari iklan. Jika kalian tertarik, kalian dapat pula mengunduhnya di Play Store.

7. Lynket Browser

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Userhttp://en.miui.com

Ingat namanya Lynket, bukan Lengket. Browser ini berukuran sekitar 3,1 MB dan memiliki beberapa fitur unik. Seperti fitur AMP (Accelarated Mobile Pages) yang dapat membuat kita dapat mengakses serta membaca suatu situs lebih cepat dan lancar, fitur Web heads yang memungkinkan tab-tab yang kita buka akan muncul di samping kanan dan kiri seperti sisi smartphone seperti fitur lirik lagu Musixmatch.

Selain itu, terdapat pula Custom Tab provider yang mendukung 5 browser untuk tab-tab tersebut, seperti Brave, Chrome, Firefox Focus, Firefox Nightly, dan Samsung Internet. Memang terdengar ribet, cuma browser ini cocok bagi kalian yang suka buka banyak tab dan multitasking.

8. Hermit

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Userhttps://hermit.chimbori.com/

Hermit merupakan browser yang dapat membuat ikon suatu situs di smartphone kalian. Contohnya situs IDN TIMES, dengan menggunakan Hermit maka kalian dapat membuka situs tersebut tanpa harus buka browser lagi.

Selain itu, Hermit memiliki fitur Lite Apps Browser yang berarti Hermit dapat menginstal aplikasi ringan seperti Google Translate, Facebook, Messenger, Wikipedia, Reddit, Team Viewer, Tumblr, maupun aplikasi lite lainnya. Jadi itulah mengapa disebut Hermit Lite Apps Browser. Ukuran aplikasi ini cukup kecil yakni 3,3 MB saja.

9. CM Browser

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Userwww.apkdroidmart.com

Jika kalian pernah menggunakan UC Browser, maka kalian pasti mendengar CM (Clean Master) Browser. CM Browser yang berlogo Cheetah tersebut merupakan browser yang memiliki tampilan yang hampir sama dengan UC Browser, hanya saja lebih cepat dalam hal akses internet beserta mengunduh file.

Browser ini dilengkapi dengan fitur AD block serta fitur antivirus yang dapat memblokir iklan beserta virus – virus dari suatu situs. Selain itu, browser juga mendukung fitur penerjemah situs apabila kalian ingin membaca situs asing maupun dari luar Indonesia. Ukuran aplikasi ini juga cukup terjangkau, yakni hanya 5,8 MB dan dapat kalian unduh di Play Store.

10. Opera Mini

Simpel, Ini 10 Browser Alternatif Paling Ringan untuk Android Userwww.androidauthority.com

Jika kalian pernah menggunakan Opera sebagai browser utama kalian, pasti kalian juga tahu Opera Mini yang merupakan versi Lite (ringan) dari Opera Browser. Kemampuan Opera Mini dalam browsing juga tidak jauh berbeda dengan browser lainnya, hanya saja Opera Mini berukuran lebih kecil yakni hanya 7,7 MB.

Kalian juga dapat mengunduh file apapun secara cepat dan lancar dengan menggunakan browser ini. Opera Mini juga memiliki fitur AD block yang cukup ampuh dalam menghalau iklan. Opera Mini memiliki fitur keren lainnya, yakni Data Savings (Hemat Data) yang terbagi menjadi High dan Extreme, fitur inilah yang dapat menghemat data kalian agar kuota kalian tetap terjaga.

Jika dalam browsing kalian masih saja lemot, mungkin kalian belum menyalakan fitur AD blocknya. Selain itu, faktor sinyal beserta cuaca terkadang juga mempengaruhi kecepatan browsing. Dan jangan lupa juga untuk mengaktifkan mode hemat data saat browsing, karena hal itu juga penting. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *