Suhu Dingin Akhir-Akhir Ini, Begini Saran Dokter Agar Tidak Sakit

Banyak orang pasti merasakan bahwa seminggu atau beberapa hari belakangan ini sepertinya cuaca sedang dingin-dinginnya. Suhu dingin ini diketahui karena planet bumi sedang dalam jarak terjauh dari matahari, tapi bisa juga karena perubahan iklim yang ekstrem biasa.

Tentu saja perubahan cuaca ini bisa mempengaruhi kesehatan tubuh masyarakat. Seperti dikatakan praktisi kesehatan Ari Fahrial Syam dalam pesan teks ke Health-Liputan6.com, “Perubahan cuaca yang ekstrem ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh masyarakat. Mereka jadi mudah terserang penyakit infeksi virus atau bakteri, umumnya berupa infeksi saluran pernapasan.”

Jadi, untuk mencegah agar tidak jatuh sakit, ini yang bisa kamu lakukan.

1. Menghangatkan diri

Menjadi tubuh tetap hangat adalah cara alami yang akan dilakukan setiap orang jika merasa kedinginan. Hindari udara kontak langsung dengan kulit. Pakai pakaian yang tebal dan nyaman sehingga tubuh tetap hangat. Minum dan makanlah makanan hangat.

2. Minum yang cukup

Jangan abaikan asupan air putih. Pastikan kamu cukup minum meski cuaca dingin, karena tubuh tetap akan dehidrasi jika tidak cukup minum air. Ketika dehidrasi atau tubuh kurang cairan justru bisa memperburuk kondisi kesehatan.

“Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman bersoda karena bisa memperberat dehidrasi dan tubuh menjadi tidak tahan terhadap suhu dingin,” ujar Ari Fahrial.

Minum cukup air hangat untuk jaga kesehatan./copyright Shutterstock.com

3. Makan sehat dan seimbang

Jaga pola makan sehat dan bergizi, karena tubuh pasti membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi untuk menjaga kekebalan tubuh dan mempertahankan kebugaran sehingga nggak gampang sakit.

4. Pakai lotion

Untuk menjaga kelembapan kulit, oleskan lotion saat diperlukan. Karena udara dingin bisa membuat kulit kering dan kaku, jadi pastikan menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

5. Oleskan krim ke bibir dan hidung

Karena udara dingin bisa membuat bibir kering, pastikan kamu membawa krim untuk menjaga kulit tipis bibir tetap lembap. Begitu juga dengan hidung.

“Mimisan atau keluar darah dari hidung sering terjadi pada masyarakat yang sering mengalami kekeringan pada lubang hidung,” kata pria yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Jadi pastikan kamu menjaga area hidung lembab seperti memakai masker atau yang lainnya agar tidak langsung menghirup udara dingin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *