Supaya Mag Tak Makin Parah, Yuk Manajemen Stres Dulu

Penyakit mag tidak hanya disebabkan pola makan tak teratur melainkan juga bisa dipicu stres. Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengatakan antara otak sebagai pusat sistem saraf dengan lambung terdapat hubungan melalui interaksi neurohormonal.

“Sehingga jika terjadi kecemasan akan meningkatkan produksi asam lambung,” ujarnya kepada detikHealth, Jumat (8/2/2019).

Manajemen stres juga bisa dilakukan dengan berkumpul bersama orang terdekat serta berpikir positif. “Stres sangat individual. Stres dalam hidup tidak bisa dihindari, namun harus dilatih untuk bisa beradaptasi dengan stres dan menjadikan stres yang terjadi menjadi tantangan untuk maju,” ungkap dr. Helmin.

Sementara dikutip dari laman everydayhealth, penanggulangan stress dilakukan dengan banyak cara. Cobalah meluangkan sedikit waktu untuk beristirahat atau relaksasi meskipun hanya 10-20 menit. Gunakan waktu tersebut untuk berjalan-jalan, membaca buku, mendengarkan musik, ataupun untuk hal lain yang bisa mengurangi penat. Manajemen stres juga bisa dilakukan dengan berkumpul bersama orang untuk membantu mengalihkan fokus dari masalah untuk sementara waktu.

Namun jika mag terlanjur kambuh, minum obat mag yang mengandung bahan aktif antasida seperti magnesium hidroksida, hydrotalcite, dan kalsium karbonat. Bahan aktif tersebut terdapat dalam Promag dan berfungsi untuk menetralkan asam lambung sehingga sakit mag pun bisa mereda.