SUV Ini Jadi Modal Baru Proton dan Geely

Otomotif – Hasil dari Geely Automobiles mengakuisisi Proton, yaitu melahirkan X70. Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut merupakan produk rebadge dari model Geely Boyue, namun merek asal Malaysia itu dipercaya untuk memproduksi dan menjual.

Secara resmi, seperti dilansir laman paultan, Senin (10/9/2018) X70 akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Khusus pasar Malaysia, konsumen bisa melakukan pemesanan mulai 8 September 2018 ini.

Meski belum resmi dijual, tetapi merek otomotif asal Malaysia itu sudah mulai membocorkan spesifikasi. Secara jantung pacu dibekali mesin 1,8-liter, TGDi, Turbocharger, 4-silinder, dan dipadu padankan dengan transmisi otomatis 6-percepatan.

Mesin tersebut berdasarkan data di atas kertas mampu menghasilkan tenaga 181 tk dan torsi maksimum 285 Nm. Klaim konsumsi bahan bakar, yaitu 12,8 kpl.

X70 itu sendiri tersedia dalam empat varian, taitu Standar, Executive, Premium berpenggerak dua roda, dan Executive penggerak semua roda.

Paultan SUV Proton X70

Apabila dijual di Indonesia, itu akan menjadi awal kebangkitan Proton atau Geely. Kedua merek tersebut, secara penjualan memang tidak mampu bersaing dengan produsen asal Jepang atau negara lain yang ada di Tanah Air.

Mungkin saja kedua merek itu akan kembali mencoba peruntungan lagi di pasar otomotif nasional. Apalagi, sekarang ini sudah ada dua merek otomotif asal China, yaitu Wuling dan DFSK, bisa ikutan bersaing.

Wuling sudah mulai memamerkan produk SUV, sementara DFSK telah menjual Glory 580 yang sudah dirakit lokal di Indonesia.