TEKNOLOGI YANG SEDANG DI KEMBANGKAN

Teknologi Masa Depan – Hingga saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Namun perkembangan teknologi di dunia ini belum berhenti sampai disini, karena masih banyak teknologi di masa depan yang sedang dikembangkan bahkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para ilmuwan dalam khayalan manusia.Teknologi Masa DepanTeknologi Masa Depan
Teknologi Masa Depan akan selalu dibangun, dan dikembangkan, serta meningkatkan inovasi untuk menemukan teknologi yang baru dan bisa dimanfaatkan. Meski di masa depan teknologi belum ada yang tahu perkembangannya seperti apa namun setidaknya di masa depan teknologi sendiri bisa diprediksi.

Untuk kita yang suka melihat film-film dengan teknologi canggih tentu ada pertanyaan bagaimana bisa teknologi seperti itu ada? sedangkan itu hanya fiktif belaka. Nah sekarang teknologi seperti itu sudah mulai dikembangkan. Lalu apa saja teknologi masa depan yang saat ini sedang di kembangkan? Inilah 10 Teknologi Masa Depan yang Sedang di Kembangkan Saat Ini.

1. Underwater City (Kota Bawah Air)

Laut memang menawarkan misteri yang luas kepada manusia. Meskipun manusia telah berhasil memperluas pengetahuan mereka akan kedalaman laut, namun tetap saja misteri ini menawarkan manusia kekagumannya tersendiri. Apabila hal ini terjadi, maka kota atau negara di bawah air bukan lagi sebuah impian.
Hal seperti ini memang sudah ada, seperti halnya Hotel Bawah Laut Dubai tapi hanya mencakup sedikit orang yang dapat tinggal di sana. Yang akan kita bicarakan di sini yaitu sebuah kota, dan masyarakat luas bisa tinggal di sana.

2. Nanoteknologi

Nanoteknologi merupakan sebuah teknologi di masa depan yang memungkinan manusia untuk memanipulasi partikel-partikel yang sangat kecil dan besarnya nyaris berukuran atom! Nanometer sendiri memiliki ukuran 1/semilyar meter, atau jika kita samakan dengan ketebalan rambut dibelah hingga 50.000. Itulah kehebatan teknologi nano.

Tujuannya dibuatnya nanoteknologi yaitu untuk menciptakan material-material baru di masa depan, bahkan mesin-mesin ataupun robot-robot berukuran partikel. Material-material itu bisa lebih kuat daripada intan, super ringan, dan tahan panas juga dingin dengan skala yang sangat besar dan mampu menghantarkan listrik lebih baik lagi, bahakn lebih tahan lama, dan ramah lingkungan dan seterusnya.

Bayangkan saja jika kita mampu menciptakan berbagai material baru yang lebih keras dari intan, dan bahkan jauh lebih ringan dari baja. Kita bahkan bisa menciptakan kerangka yang super kuat untuk mobil, atau bangunan dan jembatan dengan bobotnya yang lebih ringan, semua mobil dan juga pesawat akan lebih hemat energi. Bahkan jika sampai terpikirkan kita bisa menciptakan baju yang anti kusut dan tahan noda. Kita juga bisa menciptakan robot berukuran nanobots, dan memasukanya ke dalam tubuh manusia.

Fungsi ini bisa untuk menyembuhkan penyakit, menghancurkan sel-sel kanker, atau bahkan memperkuat tubuh manusia. Nanobots nantinya diperkirakan akan bisa kembali menutup lubang ozon. dengan komponen seukuran nano, kita mampu membuat supercomputer sebesar kotak korek api, dan media penyimpanan datanya menyimpan jutaan gigabyte informasi mengenai umat manusia di seluruh alam semesta, sebesar seujung kuku. Bisa dibayangkan kan?

3. Jetpack Pribadi

Jetpack adalah sebuah impian para pemimpi masa depan karena begitu menakjubkan. Namun yang kita bicarakan di sini adalah bukan jetpack biasa yang hanya bisa terbang secara perlahan. Jetpeck ini mampu memacu adrenalin karena seperti sepeda motor namun tidak dibatasi oleh jalan yang berkelok – kelok dan juga mengizinkan Anda berpergian dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang sangat singkat.

4. Robot Pembantu

Jasa asisten rumah tangga bisa saja berkurang dengan adanya teknologi Robot Pembantu. Tapi tidak menutup kemungkinan, Anda masih bisa mempekerjakan seseorang untuk membantu di rumah Anda. Robot ini pun nantinya bukan bertugas yang hanya membersihkan debu saja tetapi bisa juga membantu pekerjaan rumah tangga di antaranya adalah membersihkan rumah, toilet, dan memasak.

5. Fusi Nuklir

Sumber cahaya Matahari untuk setiap detiknya telah mengeluarkan energi sebesar seluruh energi yang digunakan seluruh umat manusia di sepanjang sejarahnya. Energi yang dikenal sebagai Fusi Nuklir, yaitu The power of the Sun. Dan para ilmuwan dunia pun sedang berusaha agar bisa mendapatkannya.

Dan inilah energi yang membuat bintang-bintang raksasa di alam semesta bisa terbakar selama milyaran tahun. Sebuah percobaan besar pun sedang dilakukan di sebuah kota kecil Cadarache yang ada di ujung selatan Perancis dalam sebuah proyek bernama ITER. Disinilah atom Deuterium dan Tritium dilebur dengan panasnya hingga 150 juta derajat Celcius, dan nyaris 10 kali panas inti Matahari. Wadah peleburannya pun dilindungi oleh medan magnet Tokamak sehingga tidak meleleh.

Yang lebih hebatnya lagi yaitu Deuterium bisa dihasilkan dari air laut biasa, dan Tritium dapat dibentuk dari Lithium yang bisa didapat dari batu alam. Apabila para ilmuwan berhasil menciptakannya, maka seluruh dunia akan mempunyai sumber energi baru yang super hebat menggantikan minyak bumi. Energi ini akan begitu besar dan efisien, tidak terbatas, sangat murah, dan juga ramah lingkungan.

6. Komputer Kuantum

Coba Anda bayangkan sebuah komputer di masa depan, yang kecepatannya ribuan kali lebih cepat dari pada supercomputer tercepat yang ada sekarang. Inilah hebatnya komputer kuantum karena diciptakan mengunakan fenomena keajaiban dunia kuantum, Superposition dan Quantum Entanglement. Misalnya saja dalam memecahkan kode yang digitnya sampai 140, komputer yang biasa akan memerlukan waktu hingga milyaran tahun untuk memecahkannya. Namun dengan adanya komputer kuantum, hal ini bisa dipecahkan hanya dalam waktu beberapa puluh menit saja.

Dengan menggunakan komputer ini pun manusia juga bisa memprediksikan prakiraan cuaca di bumi beserta gejala-gejala alam lain yang sangat kompleks dengan akurat. Hal ini tentu saja semakin merevolusikan lagi kecepatan pengembangan seluruh teknologi canggih yang saat ini ada.

7. Indoor Clouds

Indoor Clouds atau Awan yang ada di dalam ruangan tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan dan menjadi Teknologi Masa Depan.

Menatap awan adalah kegiatan “yang nggak penting” namun hal ini cukup menyenangkan. Sayangnya hingga saat ini seperti itu hanya bisa dilakukan ketika di luar ruangan. Untungnya saja, Berndnaut Smilde, dari Belanda, mempunyai cara untuk mengontrol cuaca di dalam ruangan. Dengan mesin asap, dia mampu mengakali temperatur dan intensitas cahaya sehingga terbentuklah sebuah awan di dalam ruangan

8. Mind reading

IBM merupakan salah satu badan komputer di dunia ayng menjanjikan bahwa lima tahun kedepan mereka akan memiliki komputer yang memiliki kemampuan berinteraksi dengan manusia melalui pikiran. Caranya, manusia akan memakai headset yang mampu membaca gelombang pikiran dari otak yang kemudian nantinya akan dikirimkan melalui komputer.

9. Tangga Menuju Bintang-bintang

Tangga Luar angkasa merupakan sebuah lift yang sangat tinggi yang berasal dari bumi menuju ke orbit bumi yang ada di luar angkasa dan akan datang di masa depan. Dengan adanya lift ini perjalanan menuju orbit bumi akan menjadi lebih mudah, dan murah. Ada Banyak orang yang berharap bahwa program di ruang angkasa yang tadinya berhenti sampai di bulan karena biayanya sangat mahal, bisa dimulai lagi Dan bahkan impian manusia untuk pergi ke Mars, akan segera terwujud.

Lift ini awalnya hanya merupakan sebuah khayalan, namun ternyata dengan ditemukannya sebuah teknologi baru, hal ini menjadi sangat mungkin untuk diwujudkan. Teknologi ini adalah Carbon nanotube, sebuah material baru yang dikatakan lebih kuat daripada intan dan lebih ringan dari baja.

10. Scramjet

Scramjet bisa menjadi salah satu revolusi terbesar di dalam sejarah transportasi dunia. Pesawat penumpang Scramjet ini, akan membawa Anda terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, Mach 10. Bahkan untuk penerbangan dari New York menuju Tokyo yang saat ini jaraknya ditempuh dalam waktu 18 jam, jika ditempuh dengan Scramjet, hanya menghabiskan waktu sekitar 120 menit.

Teknologi Masa Depan Scramjet ini tidak harus menggunakan bahan bakar roket biasa yang mahal dan berat, melainkan bahan bakarnya menggunakan hidrogen cair yang dicampur dengan penyedotan oksigen langsung dari atmosfer.

Hal Ini akan membuat penerbangan dari satu tempat ke tempat lain di seluruh dunia menjadi kilat.

Itulah Informasi mengenai 10 Teknologi Masa Depan yang Sedang di Kembangkan Saat Ini semoga menjadi motivasi untuk semakin rajin dan bisa mengembangkan teknologi lebih canggih ke depannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *