Tokoh dunia dan bintang sepak bola gembira 12 bocah Thailand selamat keluar dari gua

Tokoh dunia dan sejumlah bintang sepak bola ikut mengungkapkan kegembiraan mereka dan memberikan ucapan selamat setelah seluruh remaja tim sepak bola Thailand dan pelatihnya berhasil selamat dikeluarkan dari gua Tham Luang kemarin.

Setelah terjebak selama lebih dari dua pekan mereka akhirnya satu per satu dikeluarkan dari dalam gua lewat operasi penyelamatan sejak hari Minggu.

Berikut reaksi dari berbagai penjuru dunia:

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Trump termasuk orang yang pertama mengucapkan selamat kepada Angkatan Laut Thailand yang memimpin operasi penyelamatan di gua Tham Luang.

“Atas nama Amerika Serikat, selamat kepada Angkatan Laut Thailand dan seluruh operasi penyelamatan untuk mengeluarkan 12 anak dan pelatihnya dari gua di Thailand. Sungguh momen indah, semuanya berhasil keluar. Hebat” kata Trump dalam cuitannya di Twitter.

Perdana Menteri Inggris Theresa May

“Sangat menggembirakan melihat operasi penyelamatan itu sukses untuk menolong mereka yang terjebak dalam gua di Thailand. Dunia menyaksikan dan menaruh hormat kepada semua pihak yang dengan berani terlibat dalam operasi ini,” kata May di Twitternya.

Penambang Chile

“Youjuuu!” teriak penambang Chile Mario Sepulveda, dia termasuk dalam 33 penambang yang pernah terjebak di dalam gua selama 69 hari pada 2010.

“Saya merasa sangat-sangat emosional. Saya harap anak-anak itu akan sukses,” kata dia kepada kantor berita AFP.

Pesepak bola Prancis Paul Pogba

Pogba mempersembahkan kemenangan Prancis dalam semi final melawan Belgia kepada 12 bocah Thailand itu.

Setelah menang 1-0 atas Belgia di Saint Petersburg, pemain Manchester United itu menulis di Twitternya: “Kemenangan ini untuk para pahlawan hari ini, selamat anak-anak, kalian sangat kuat.”

Manchester United

Klub sepak bola Inggris Manchester United mengundang tim Moo Pa dan regu penyelamat untuk melawat ke Inggris dan mengunjungi markas mereka.

“Hati kami bersama mereka yang terdampak atas kejadian ini. Kami ingin mengundang tim sepak bola Moo Pa dan tim penyelamat mereka ke Old Trafford musim ini,” kata pernyataan MU di Twitter.

FIFA

Badan sepak bola dunia Fifa juga menyambut gembira penyelamatan bocah-bocah itu dan mengatakan mereka masih terlalu lemah untuk terbang menyaksikan babak final Piala Dunia di Moskow, Rusia.

Bos Fifa Gianni Infantino pekan lalu mengundang tim sepak bola Moo Pa untuk menonton partai final.

“Prioritas Fifa tetap demi kesehatan setiap orang yang terlibat dalam operasi ini dan kami masih berupaya mencarikan kesempatan bagi mereka untuk datang dalam acara Fifa yang lain untuk merayakan momen kebersamaan dan perayaan,” kata juru bicara Fifa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *