Waduh Seram! 8 Game Ini Terinspirasi Dari Kisah Nyata

Serbaberita.com – Game tidak hanya menjadi sarana penghilang penat bagi sebagian orang yang lelah bekerja seharian, namun juga bisa menjadi sarana edukasi lewat cerita, karakter atau mungkin latar tempat yang ditampilkan. Mungkin kita hanya mengetahui jika hal-hal yang ada pada game merupakan fiksi atau karangan dari pembuat game.

Padahal tak semua game seperti itu. Masih banyak game di luar sana yang menggunakan latar tempat, karakter hingga cerita asli sebagai basis utama game tersebut. Di atas kertas, hal semacam ini tentu saja secara tidak langsung membantu para pemain untuk belajar mengenai sejarah atau mungkin sekadar mengetahui tokoh-tokoh dunia yang hadir dalam video game. Ini dia 8 game yang terinspirasi dari 

1. Assasins Creed Series

masukkan deskripsi gambar disiniSejak 2007, seri Assassin’s Creed selalu memasukkan sejarah di dalamnya. Kamu akan sering menemukan banyak hal mengenai sejarah hingga tempat-tempat yang memang ada di dunia nyata. Selebihnya, kamu akan menemukan hubungan antara tokoh utama dengan tokoh-tokoh dunia yang terkenal seperti Napoleon Bonaparte, Da Vinci, George Washington, hingga Julius Caesar. Selain itu, banyak juga peristiwa historis yang dimasukkan pada franchise ini sehingga membuatnya terasa lebih nyata dan hidup.

2. Brother In Arms – Earned In Blood

masukkan deskripsi gambar disiniBrother In Arms – Earned In Blood bisa dibilang menjadi game dengan tingkat akurasi sejarah yang terbilang tinggi. Game ini menceritakan peristiwa D-Day dari beberapa perspektif karakter yang berbeda-beda.

Terutama Seargent Joe “Red” Hartsock, yang memerintahkan beberapa peleton selama masa Operasi Overlord, seperti Battle of Carantan, dan Battle of Bloody Gulch. Selain itu, pada game ini juga terdapat misi di mana Sergeant Hartstock bertemu dengan sejarawan militer S.L.A Marshall.

3. Kholat

masukkan deskripsi gambar disiniInsiden Dyatlov Pass yang terjadi 2 Februari tahun 1959 hingga kini masih menjadi misteri dunia. Insiden tersebut melibatkan sembilan pendaki berpengalaman dari Institut Ural Polytehnical, yang semuanya ditemukan tewas di Kholat Syakhl (Gunung Mati) dalam keadaan misterius.

Nah, insiden ini rupanya menginspirasi IMGN.PRO, untuk membuat game dengan latar tempat serupa. Meskipun karakter yang digunakan pada game bukan berdasarkan orang aslinya, setidaknya genre horror survival yang disematkan mampu membuat game ini menjadi sama-sama menakutkan.

4. Medal Of Honor Series

masukkan deskripsi gambar disiniBanyak dari game perang saat ini lebih menyorot perang-perang di masa lampau seperti perang dunia pertama dan kedua. Tapi tak sedikit pula yang menggunakan kejadian di dunia nyata sebagai basis utama dari game tersebut.

Dan salah satunya adalah Medal Of Honor buatan EA. Di seri reboot yang dirilis pada tahun 2010 lalu, EA menggunakan perang Afganistan sebagai plot utama. Disamping itu, karakter serta misi yang digunakan hanyalah fiksi belaka.

5. Age Of Empires Series

masukkan deskripsi gambar disiniKurang afdol rasanya jika tidak memasukkan seri Age Of Empires kedalam daftar game yang terinspirasi kisah nyata. Dari dulu, game buatan Microsoft ini memang selalu menyertakan perang-perang kerajaan di masa lalu sebagai misi utama.

Sebut saja, usaha William Wallace untuk mempertahankan Skotlandia dari jajahan Inggris, hingga istri cerdas Rodrigo Diaz de Bivar yaitu Ximena, yang membantu mempertahankan Valencia dari Almoravids di bawah komando Yusuf Ibn Tashfin. Semua itu dibangun dengan cerita yang solid serta misi dan karakter yang menarik untuk diikuti.

6. COD Black Ops

masukkan deskripsi gambar disiniCall of Duty: Black Ops menempatkan pemain dalam Perang Dingin melalui mata Alex Mason saat menceritakan berbagai peristiwa ketika ia sedang diinterogasi, seperti keterlibatannya dengan Operation 40, sebuah agen yang diakui oleh pemerintah AS, hingga CIA yang disponsori oleh grup intelijen yang terdiri dari imigran asal Kuba. Sama seperti biasa, game ini hanya menggunakan latar tempat dan beberapa karakter yang ada di dunia nyata.

7. LA Noire

masukkan deskripsi gambar disiniGame buatan Rockstar, LA Noire memang dikenal sebagai game detektif terbaik sejauh ini. Game ini memiliki mode interogasi yang terbilang unik, sebab pemain bisa menilai terduga berkata bohong atau jujur melalu animasi wajah yang terbilang sangat impresif.

Karakter pada game ini memang hanya fiksi, namun kasus-kasus yang ada di dalamnya merupakan kasus asli yang sempat menghebohkan dunia. Seperti kasus Black Dahlia di tahun 1947, di mana seorang wanita bernama Elizabeth Short ditemukan tewas dalam kondisi mengenaskan sekaligus misterius.

8. Rise Of Nations

masukkan deskripsi gambar disiniSalah satu realtime strategy terbaik yaitu Rise of Nations menawarkan kesempatan pada pemain untuk mengikuti perkembangan peradaban di tahun 1800-an, mulai dari bangsa Maya hingga orang-orang Yunani. Masing-masing dilengkapi dengan kemampuan khusus seperti membangun arsitektur, dan kekuatan filsafat. Selain itu, pemain juga akan sering menemui tokoh-tokoh dunia didalamnya.

Itu tadi beberapa game yang terinspirasi dari kisah nyata. Menarik memang ketika kita bermain game namun bisa menemui tokoh sejarah atau mungkin peristiwa historis di dalamnya. Secara tidak langsung hal seperti itu mengedukasi kita untuk belajar mengenai sejarah. Dari 8 game tersebut, ada yang pernah kamu mainkan? tulis di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *