Wuzzz! Ini Dia 4 Jurus Mantap Pilih Setelan Jas Biar Ganteng

Jas memang jadi salah satu amunisi ganteng pria. Tapi masih banyak dari kita nggak ngeh banget bagaimana pilih atau pakai jas yang cocok. Jurusnya?

 

A man in a well tailored suit will always shine brighter than a guy in an off-the-rack suit.” – Michael Kors

 

Itu yang dibilang salah satu perancang busana sportswear asal New York. Jadi jika sedang malas mengenakan batik – memakai setelan jas ke sebuah undangan tentu saja jadi pilihan.

Oke. Kita sudah tahu kalau Brad Pitt, George Clooney dan Keanu Reeves selalu tampak maskulin dengan setelan jas mereka – entah itu di karpet merah atau di momen ballroom tertentu. Karena kita tahu mereka selalu oke dengan setelan jas, kerap kita jadi ‘terintimidasi’: ‘Sepertinya tubuh ini nggak cocok pakai setelan …’ Lumrah.

Mengingat setelan jas bukanlah outfit yang selalu dipakai kemana-mana dan hanya berlaku pas momen pernikahan atau wisuda. Meski begitu, bukan berarti lantas jadi cuek dan buta tentang setelan jas. Kita harus tahu tubuh kita pas pakai jas model apa dan celana model apa.

Untuk itu, berikut ini beberapa jenis setelan menurut bentuk tubuh.

 

BADAN STOCKY

Jika punya bentuk pinggang yang gemuk atau lebar, lupakan pola warna polos kotak-kotak jaring. Pilihlah pola setelan jas yang bergaris vertikal dan tegas. Pola tersebut memancing mata untuk melihatnya dari atas ke bawah. Jas dua kancing bisa menegaskan bagian bahu dan memperlebar pinggang sehingga bikin kelihatan langsing.

BADAN PENDEK

Jika tubuh pendek (atau kecil), silahkan pilih jas dua kancing. Kenapa? Itu bisa menyamarkan bagian pinggang mungil Anda. Pastikan ujung jas punya jarak empat hingga lima inci di bawah pinggul. Warna pun jadi penting. Pakai warna medium cerah ke gelap, karena warna cerah makin memperlihatkan betapa pendeknya tubuh Anda.

 

BADAN KURUS

Tren setelan jas pria kembali lagi menyentuh desain pola dengan lapel yang lebar. Pilih jenis lapel yang menyempit atau standar alias tak lebih lebar dari 2,5 inci. Jadi proporsi tubuh kelihatan pas. Oh ya, desain layer pada fabrik jadi bisa bikin tubuh kelihatan lebih berisi. Jadi pilihan setelan double-breasted sangat pas untuk pria bertubuh kurus.

TUBUH JANGKUNG

Nah, kalau tubuh Anda terbilang tinggi alias jangkung, bisa pilih jas tiga kancing. Kancing ketiga sangat pas dengan ukuran tinggi badan – beda halnya dengan jas dua kancing yang memanjangkan proporsi tubuh. Hindari setelan jas cropped yang menggantung karena mengecil di area torso, karena bisa bikin tubuh kelihatan kebesaran.