Xperia XZ Premium: smartphone layar 4K yang dimotori Snapdragon 835!

Serbaberita.com – Tak mau kalah dari kompetitornya yang telah merilis berbagai smartphone papan atas di MWC 2017, produsen asal Jepang, Sony, juga merilis flagship yang mungkin akan mencuri perhatian dunia.

Dilansir dari Phone Arena, Sony merilis Sony Xperia XZ Premium, dengan ‘membangkitkan’ lagi fitur layar 4K yang sebelumnya muncul di Xperia Z5. Sebelumnya fitur ini tak berhasil bertahan dengan digantinya lini Xperia Z5 dengan Xperia XZ di tahun lalu.

Desain
Desain adalah sesuatu yang selalu jadi unggulan Sony. Tentu Anda tak perlu melihat dua kali untuk mengenal sebuah perangkat tertentu adalah keluaran Sony, dan begitu juga dengan Xperia XZ Premium ini. Perangkat ini terlihat berbentuk kotak dengan sentuhan kaca, namun dengan lengkungan kecil yang tegas di sisi pinggirnya. Hal ini membuat Xperia XZ Premium terlihat mewah untuk dilihat maupun digenggam.

Di bagian atas terdapat headphone jack, dan di bawah terdapat USB Type-C port, Di bagian kiri terdapat slot SIM/MicroSD yang tertutup rapat, serta di bagian kanan terdapat tombol volume, tombol shutter kamera, dan tombol power yang di dalamnya terbenam sensor pemindai sidik jari.
Layar 4K
Layar 4K memang telah jadi teknologi untuk televisi, Sony pun salah satu produsennya. Namun membawa teknologi tersebut di dunia mobile tentu langkah yang sangat baik. Di 2015, Xperia Z5 muncul dengan resolusi sebesar ini, namun pasar dan penyedia konten ternyata tak seberapa siap dengan teknologi ini. Mungkin 2017 adalah waktu bangkit yang tepat, mengingat Sony telah membuat antarmuka yang cocok dengan kerapatan pixel layar ini yang luar biasa.

Spesifikasi lengkap dari layar Xperia XZ Premium ini adalah layarnya berjenis IPS LCD capacitive touchscreen dengan 16 juta warna, berukuran 5.5 inci dengan rasio layar ke bodi 69.4 persen, resolusi 4K yakni 3840×2160 yang berarti kerapatan pixelnya 801 ppi, dan diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 5.
Chipset terbaru dan terkuat
Tak cuma soal layar yang luar biasa, hal ini juga didukung oleh dapur pacu gahar yang memotori flagship ini. Benar, Xperia XZ Premium mengusung chipset terbaru, terkuat, dan tercepat yang ada saat ini, Quallcomm Snapdragon 835, komplet dengan kartu grafis Adreno 540 GPU dan RAM 4GB yang tentu akan membuat performa Xperia XZ Premium punya performa juara. Tentu tak akan ada gangguan dalam mengonsumsi konten dengan resolusi super tinggi jika chipset yang diusung adalah yang terkuat.
Kamera tinggi resolusi dan kaya fitur
Sony selalu menilai pentingnya jumlah megapixel dalam kamera miliknya. Namun kini tak cuma aspek tersebut yang diangkat, soal kemampuan fokus kamera juga jadi daya tarik Xperia XZ Premium. Mengusung resolusi lebih kecil dari sebelumnya, yakni 19MP, namun kameranya dilengkapi dengan sensor pergerakan mata atau Motion Eye, yang mampu mencari fokus dengan lebih cepat dan akurat.

Kita juga akan melihat kamera Xperia XZ Premium yang dilengkapi fitur five-axis optical stabilization yang mampu mereduksi resiko gambar yang ‘ngeblur’ di berbagai kondisi, serta ‘anti-distortion’ shutter untuk menangkap objek bergerak yang lebih tajam.

Terdapat juga fitur unik berupa ‘predictive capture,’ yang bisa membantu Anda kehilangan momen dengan secara otomatis mengambil gambar ketika objek yang ingin Anda jepret mulai bergerak.
Baterai
Xperia XZ Premium adalah sebuah phablet, dan tentu masyarakat mengharap adanya kapasitas baterai yang besar. Namun Sony hanya memberi kapasitas baterai sebesar 3.230mAh. Meski demikian, Sony mengklaim Xperia XZ Premium adalah perangkat yang punya optimasi daya yang baik. Mulai dari fitur Qnovo Adaptive Charging yang mampu mengisi daya baterai sambil memperkuat ketahanan baterai, dengan melihat bagaimana Anda memakai berbagai aplikasi smartphone untuk menentukan mode stamina seminimal mungkin yang Anda gunakan sehari-hari. [idc]

You may also like...