Yang Baru dari Banda Aceh: Pantai Kampung Jawa

Pantai di Banda Aceh ini jadi salah satu favorit warga saat sore menjelang. Tapi sayang, keindahannya kini pudar walau tergolong baru jadi destinasi wisata.

Adalah Pantai Kampung Jawa yang terletak tak jauh dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jika cuaca sedang cerah, pelancong dapat melongok matahari tenggelam di antara dua bukit.

Namun kini pesona kecantikannya memudar karena banyaknya sampah di sana. Para wisatawan yang datang ke sini, dapat memilih duduk di atas batu penahan ombak atau cafe tepi pantai.

Tidak ada tiket masuk ke lokasi wisata ini. Soalnya, pantainya membentang di sepanjang jalur Ulee Lheue-Kampung Jawa.

Traveler tinggal parkir motor di pinggir jalan dan memilih tempat duduk sesuka hati. Di sana juga ada dua tempat yang sudah dibangun sebagai tempat nongkrong dan berselfie ria.

Sambil menunggu matahari tenggelam, traveler juga dapat bermain pasir pantai atau sekadar mandi. Namun beberapa sudut pantai kini dipenuhi sampah botol, plastik, kayu dan lainnya.

Hal di atas menghilangkan keindahanan Pantai Kampung Jawa yang kini sedang ngetren di kalangan kawula muda.

“Pantai Kampung Jawa itu kan destinasi baru di Banda Aceh. Harusnya ini dimanfaatkan oleh pemkot untuk membenahinya. Kalau kotor kan bisa jadi orang akan beralih ke tempat lain meski jauh,” kata seorang warga Banda Aceh Dany Randi (27), Senin (5/11/2018).

Menurutnya, Pemkot Banda Aceh seharusnya dapat lebih memperhatikan lagi lokasi wisata Pantai Kampung Jawa. Soalnya, Aceh saat ini sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata agar dilirik para wisatawan.

“Jadi wisata Kampung Jawa ini selain destinasi wisatanya juga ada sisi sejarahnya. Karena lokasi ini dekat dengan Kampung Pande yang terdapat banyak makam-makam raja,” jelasnya.

Di Pantai Kampung Jawa, pelancong juga dapat melongok aktivitas para nelayan menarik pukat. Saban sore, sekelompok nelayan menabur pukat dan kemudian ditarik secara beramai-ramai.

Ikan yang berhasil ditangkap selanjutnya dijual langsung di lokasi. Jadi, traveler selain berwisata juga bisa membeli ikan.

Sementara Nova, seorang pelancong, mengaku Kampung Jawa mempunyai pantai yang cocok untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata. Meski demikian, dia menyarankan para pelancong agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Mungkin orang-orang yang duduk di sana harus kembali lagi ke budaya sadar sampah,” jelas Nova.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *