4 Pantai Unik dengan Pasir Hijau di Berbagai Negara

Pasir pantai lazimnya berwarna putih atau krem. Namun ternyata ada juga pantai yang memiliki pasir berwarna merah, pink, ungu, hitam, sampai hijau.

Bicara soal pantai berpasir hijau, selama ini Pantai Papakolea yang ada di Hawaii paling banyak disebut. Pasir pantai di sana memang memiliki warna hijau gelap seperti buah zaitun.

Selain Papakolea, ternyata masih ada beberapa pantai lagi yang memiliki pasir hijau. Berikut ini beberapa di antaranya seperti dilansir Travel + Leisure.

1. Pantai Talofofo – Guam

 

Pantai berpasir hijau pertama yang tak banyak dikenal wisatawan mancanegara adalah Talofofo. Letaknya di kepulauan pasifik Guam.

Pasir pantai di sana berwarna kehijauan berkat kandungan olivine, sejenis kristal berwarna hijau gelap yang terbentuk dari lahar gunung berapi purba.

Pasir hijau di Talofofo tak selalu bisa dilihat dengan mata telanjang. Dibutuhkan sinar matahari dan cuaca yang tepat untuk melihatnya.

Walaupun begitu, Talofofo tetap populer di antara turis lokal karena kondisi alamnya sempurna untuk selancar. Tebing-tebing kapur yang mengelilinginya juga cukup indah.

2. Punta Cormorant – Ekuador

001 tantri setyorini

©ALL CANADA PHOTOS

Kepulauan Galapagos merupakan salah satu perairan paling terisolasi di dunia, namun juga populer sebagai tempat penelitian.

Kepulauan yang terbentuk dari deretan gunung berapi ini merupakan habitat berbagai spesies flora dan fauna endemik yang tak bisa ditemukan di belahan bumi lain.

Pulau Floreana yang berada di wilayah Galapagos memiliki Punta Cormorant, pantai indah berpasir hijau gelap.

Kristal olivine yang terbentuk dari erupsi gunung berapi di sekitar pulau terbawa arus selama ratusan tahun dan berakhir di pesisir Punta Cormorant.

3. Hornindalsvatnet – Norwegia

Sebenarnya, Hornindalsvatnet bukan pantai. Ini adalah objek wisata danau yang ada di Norwegia.

Tepi danau Hornindalsvatnet dihiasi pasir kehijauan yang cantik. Inilah satu-satunya danau di muka bumi yang memiliki pasir hijau alami.

Pasir hijaunya terbentuk dari pergerakan gletser ribuan tahun lalu. Karena itulah danau tersebut dipenuhi endapan mineral hijau.

4. Pantai Papakolea – Hawaii

pantai papakolea

©Flickr/pedrik

Terakhir ada Papakolea yang terkenal sebagai pantai berpasir hijau.

Salah satu objek wisata populer di Hawaii ini memiliki pasir dengan warna hijau paling cerah, sebab konsentrasi kandungan olivine yang dimilikinya paling tinggi.

Wisatawan bisa melihatnya kapan saja.

Demikian pantai-pantai berpasir hijau yang ada di berbagai belahan dunia.