5 Kegiatan Usir Kejenuhan Anak Selama Pandemi Covid-19

Selama masa physical distancing yang diterapkan pemerintah untuk menekan jumlah penularan virus covid-19 membuat banyak masyarakat jenuh dan bosan. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga merasakan hal yang sama, karena tidak bisa bersekolah dan bermain dengan bebas seperti sebelumnya.

Banyak orangtua yang kelimpungan menghadapi kebosanan yang dirasakan anaknya. Berikut ada beberapa alternatif kegiatan untuk mengusir rasa jenuh, dan bisa menambah wawasan serta menambah keterampilan putra putri anda,

1. Berkreasi lewat seni
Menggambar dan mewarnai bersama bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan selama menjalankan physical distancing ini. Selain mengajarkan berkreasi dengan warna dan bentuk, menggambar dan mewarnai juga bisa membangun rasa percaya diri anak, melatih imajinasinya, serta membuatnya gembira.

Selain menggambar, anda juga bisa mengajak si kecil bermain musik, bernyanyi dan menari. Aktivitas tersebut dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak serta koordinasi tangan dan matanya.

2. Mencoba resep baru dan memasak bersama
Selama di rumah saja, anda bisa mengajak anak anda untuk mencoba resep baru dan memasak bersama. Anda bisa mengajak si kecil memasak makanan favoritnya dengan bahan yang sederhana dan dengan cara membuat yang mudah.

Memasak bersama orangtua tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa menambah keterampilannya dalam mengolah sesuatu. Masak bersama juga bisa menjadi pelajaran bagi anak untuk menghargai proses memasak sang ibu setiap harinya. Ke depan, anak jadi bisa lebih mensyukuri makanan yang ia terima dan tidak membuang-buang makanan. Tapi, pastikan anak anda dalam keadaan aman selama di dapur.

3. Berkebun
Pekarangan rumah bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menambah aktivitas anak selama di rumah saja. Kita bisa mengajak anak-anak untuk berkebun dengan menanam tumbuhan di dalam pot.

Aktivitas ini bisa menjadi pengalaman yang menarik dan bisa memberikan efek yang positif bagi anak. Karena dengan berkebun dan menanam tumbuhan, anak bisa belajar untuk bertanggung jawab, mencintai lingkungan dan alam, serta mengenal tumbuh-tumbuhan.

4. Menonton film favorit
Menonton film favorit anak bisa menjadi kegiatan alternatif selanjutnya selama menghadapi pandemi covid-19. Sambil menemani menonton film, anda bisa mengajarkan hal-hal positif yang ada dalam film tersebut.

5. Berolahraga sambil berjemur
Supaya tidak bosan dan jenuh, ajak anak anda beraktivitas fisik dengan olahraga dan berjemur. Tak perlu lama-lama, anda cukup melakukannya selama 15 hingga 30 menit saja.
Rajin olahraga sambil berjemur sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh anak serta memperkuat tulang dan daya tahan tubuhnya. Meski hanya dirumah saja, selalu usahakan anak anda bergerak supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari obesitas.

Jaga selalu diri dan anak anda supaya terhindar dari virus covid-19 dengan tetap menjaga jarak di manapun anda berada. Dan jangan lupa untuk memakai masker, serta sering mencuci tangan untuk membunuh kumah yang membandel.