5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selera

Selandia Baru merupakan salah satu negara kepulauan yang terdiri dari dua pulau besar yakni pulau utara dan selatan.

Negara di Pasifik ini memiliki berbagai budaya campuran antara masyarakat asli Maori dan pendatang asal Eropa, yang didominasi oleh Inggris. Maka dari tak diragukan lagi apabila negeri persemakmuran di belahan dunia selatan ini juga mempunyai makanan pencuci mulut atau dessert yang lezat dan unik.

Buat kalian yang suka makanan manis atau dessert, maka gak boleh nih melewatkan daftar dessert khas Selandia Baru berikut ini.

1. New Zealand pavlova

5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selerathespruceeats.com

New Zealand Pavlova merupakan sajian makanan penutup khas dari Selandia Baru yang sudah cukup terkenal, selain itu kue ini juga terdapat di Australia.

Nama Pavlova diambil dari seorang balerina asal Rusia yang berkunjung ke Selandia Baru, yang kala itu berkunjung ke Australia dan Selandia Baru, yang disuguhkan kue tersebut. Kue ini disajikan setiap musim panas dan saat perayaan Natal, namun juga umum disajikan sebagai suguhan pada umumnya.

Pavlova merupakan hidangan dari krim meringue, yang memiliki ciri khas crispy pada bagian luar dan lembut di dalam. Selain itu selalu disajikan dengan topping aneka buah segar yang mempercantik hidangan dan lezat tentunya.

2. Afghan biscuits

5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selerataste.com.au

Afghan Biscuit termasuk makanan penutup khas dari Selandia Baru yang terdiri dari bahan berupa tepung, butter, cornflakes, gula, dan bubuk kokoa. Tekstur kue ini pastinya crunchy, apalagi ditambah dengan topping walnut ataupun krim cokelat yang menambah kekayaan rasanya.

Meskipun memiliki nama afghan namun kue ini benar-benar asli dari Selandia Baru dan tidak ada kaitannya dengan negara Afghanistan.

3. Mock cream doughnut

5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selerathekiwicook.com

Mock cream doughnut termasuk salah satu dessert di Selandia Baru yang sebenarnya merupakan sajian donat berbentuk panjang. Namun bedanya dengan donat biasa, dari bentuknya yang memanjang dan terdapat isian krim dan selai.

Disamping itu rasa kue ini menghadirkan sensasi crispy di luar dan isian krim yang bakal meleleh di lidah. Selain itu taburan gula halus di atasnya juga menambah cita rasa manis dari kue ini.

4. Lolly cake

5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selerafoodlovers.co.nz

Kemudian ada lagi dessert nikmat bernama lolly cake yang sudah banyak dikonsumsi sejak tahun 1940an di Selandia Baru. Makanan penutup ini terbuat dari butter, susu kental manis, eskimo lollies, malt biscuit yang dihancurkan, serta parutan kelapa.

Tekstur yang ada dalam dessert ini berupa kelembutan malt biscuit dan potongan lollies, disertai rasa manis dari susu kental manis. Kue yang dibentuk roll ini juga disajikan dingin yang sebelumnya hanya didinginkan saja di dalam lemari pendingin.

5. Chocolate Fish

5 Makanan Penutup Khas Selandia Baru yang Menggugah Selerapinterest.nz

Terakhir, yang tak kalah menarik adalah chocolate fish yang menjadi salah satu makanan penutup menarik dari Selandia Baru, yang sebenarnya berupa coklat berbentuk ikan. Dessert ini berbentuk menyerupai ikan pada umumnya dengan panjang 5-8 cm yang terbuat dari marhsmallow pink atau putih dan dibalut oleh cokelat.

Umumnya jajanan ini diberikan sebagai hadiah atau penghargaan bagi anak-anak di Selandia Baru atas pencapaian mereka.

Sudah tahu kan lima makanan penutup khas dari Selandia Baru yang wajib kalian coba, dengan cita rasa yang otentik serta unik pastinya. Mana nih yang mau kalian coba duluan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *