5 Penyebab Mengapa Kamu Selalu Merasa Lapar Meski Sudah Cukup Makan

Pernah gak sih kamu merasa selalu lapar padahal sudah makan banyak? Mungkin pada awalnya kamu merasa kenyang, tapi selang beberapa menit kemudian kamu merasa kembali lapar. Jika kamu sering merasa demikian, biasanya ada yang salah dengan pola makan maupun kesehatanmu. Untuk menanganinya, kamu tentu harus tau penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa alasan yang menyebabkan kamu selalu merasa lapar. Yuk cari tahu penyebabnya di bawah ini.

1. Kurang mengonsumsi air putih yang cukup

5 Penyebab Mengapa Kamu Selalu Merasa Lapar Meski Sudah Cukup Makanpexels.com/Mauricio Mascaro

Jika kamu terus menerus merasa lapar, bisa jadi penyebabnya adalah kurangnya air putih yang kamu konsumsi sehingga kamu merasa dehidrasi. Dan saat sedang dehidrasi, manusia akan lebih sering merasa lapar. Sebaiknya minum 1-2 gelas air sebelum dan sesudah makan agar kamu tidak selalu merasa lapar.

2. Diet yang terlalu ketat

5 Penyebab Mengapa Kamu Selalu Merasa Lapar Meski Sudah Cukup Makanpexels.com/The Lazy Artist Gallery

Diet yang terlalu ketat dapat mempengaruhi pola makanmu. Meski efeknya tidak akan terlihat langsung. Biasanya efek yang ditimbulkan termasuk jangka panjang. Hal ini menyebabkan kamu kembali menambah berat badan karena selalu merasa lapar. Maka sebaiknya kamu mengurangi diet ketat yang berlebihan agar tidak merasakan efek jangka panjangnya.

3. Kurangnya tidur yang cukup

5 Penyebab Mengapa Kamu Selalu Merasa Lapar Meski Sudah Cukup Makanpexels.com/Ivan Obolensy

Saat merasa lapar, tentu kamu akan merasa sulit untuk tidur. Padahal tidur sangat diperlukan. Kurangnya tidur yang cukup akan membuat hormon leptin berkurang, yaitu hormon yang membuatmu merasa kenyang. Maka sebaiknya atur waktu tidurmu secara cukup. Cobalah untuk begadang hingga terlalu larut karena tubuhmu butuh untuk beristirahat.

4. Selalu melewatkan sarapan

5 Penyebab Mengapa Kamu Selalu Merasa Lapar Meski Sudah Cukup Makanpexels.com/I Love Simple Beyond

Banyak sekali orang yang menganggap sepele sarapan di pagi hari, padahal sarapan sangat penting untuk tubuh. Biasanya mereka yang melewatkan sarapan lebih sering merasa cepat lapar meski sudah memakan makanan yang cukup. Karbohidrat di pagi hari diperlukan agar kamu merasa kenyang setelah makan siang. Sarapan juga berguna untuk menjaga energimu sampai waktu makan siang tiba.

5. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol

5 Penyebab Mengapa Kamu Selalu Merasa Lapar Meski Sudah Cukup Makanpexels.com/Elina Sazonova

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan kamu selalu merasa lapar meskipun sudah makan yang cukup. Karena kandungan yang ada dalam alkohol dapat membuat otakmu mengirim sinyal rasa lapar. Sinyal yang ditangkap otakmu membuatmu ingin terus memakan banyak kalori padahal kalori yang ada dalam tubuhmu sudah cukup terpenuhi semuanya.

Jadi, sebaiknya kurangi mengonsumsi minuman keras karena memang tidak baik bagi tubuhmu.

Itulah lima kemungkinan alasan mengapa kamu terus merasa lapar padahal sudah cukup makan. Sebaiknya kurangi kebiasaan buruk yang menyebabkan kamu selalu lapar nih.