5 Wisata Eksotis di Katingan untuk Kamu Pecinta Alam dan Budaya

Katingan adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Ibukotanya berada di Kasongan. Siapa sangka, kabupaten dengan semboyan penyang hinje simpei ini ternyata menyimpan banyak sekali wisata alam yang eksotis, lho guys.

Menuju ke Kasongan sangat mudah kok. Jaraknya yang hanya sekitar 80 kilometer Kota Palangka Raya bisa kamu tempuh melalui kendaraan roda dua, bis, maupun travel umum. Yuk, berkunjung ke sini. Kamu gak akan menyesal deh!

1. Objek Wisata Bukit Batu, stonehenge dari Dayak

5 Wisata Eksotis di Katingan untuk Kamu Pecinta Alam dan Budayakalimantanku.com

Objek wisata satu ini adalah landmark Kota Kasongan, guys. Dinamakan Bukit Batu,  sebab kamu akan menemukan batu-batu yang sangat besar saling bersusun menjadi sebuah bukit.  Masyarakat sekitar menganggap Bukit Batu sebagai tempat keramat. Terlihat dari sesajen-sesajen yang berada di atas batu. Konon, bukit ini pun pernah menjadi tempat pertapaan pahlawan nasional Tjilik Riwut, lho.

Sedang lelah dengan hiruk pikuk kota? Tempat ini cocok banget buat kamu yang sedang mencari keheningan. Biayanya masuknya pun hanya Rp3.000,- saja. Murah banget, kan?

2. Taman Nasional Sebangau

5 Wisata Eksotis di Katingan untuk Kamu Pecinta Alam dan Budayatravelingyuk.com

Taman Nasional Sebangau (TNS) adalah kawasan pelestarian alam yang ditunjuk oleh Kementerian Kehutanan sejak tahun 2004. Secara administratif, taman nasional ini memiliki luas lebih dari setengah juta hektare yang terletak di Kabupaten Pulang Pisau, Palangka Raya, dan Kabupaten Katingan.

Di taman ini, khususnya di wilayah kabupaten Katingan, kamu bisa melihat satwa endemik Orangutan Borneo dan spesies burung yang udah mulai langka , lho. Tapi sebelum menuju ke dalam kawasan taman, kamu harus menyusuri sungai Katingan menggunakan speedboat atau  kelotok selama kurang lebih 2 jam.

Menariknya lagi, di kawasan taman ini kamu tidak hanya disuguhkan keindahan alam dan fauna saja. Akan tetapi ada atraksi budaya Tiwah oleh masyarakat Dayak Pedalaman di hari-hari tertentu. Persis seperti negeri dongeng!

3. Kebun Raya Katingan

5 Wisata Eksotis di Katingan untuk Kamu Pecinta Alam dan Budayalancangkuning.com

Kamu yang penyuka tumbuh-tumbuhan tidak boleh melewatkan destinasi wisata satu ini. Kebun Raya Katingan ini didirikan untuk menjadi pusat konservasi tumbuhan buah-buahan asli Indonesia, guys. Dengan lahan seluas 102.7 hektare, kamu bisa melihat berbagai koleksi tumbuhan buah tropis di Indonesia. Semuanya lengkap ada di sini!

Selain menjadi pusat konservasi, Kebun Raya ini juga dijadikan tempat untuk pendidikan dan penelitian. Bisa wisata sambil belajar, nih.

4. Rumah Betang Katingan di Tumbang Manggu

5 Wisata Eksotis di Katingan untuk Kamu Pecinta Alam dan Budayarahman-mukhlis.blogspot.com

Katingan juga punya destinasi wisata budaya, loh. Untuk mengenal kebudayaan masyarakat Dayak pedalaman lebih dekat lagi, kamu bisa berkunjung ke Rumah Betang yang ada di Desa Tumbang Manggu, guys.

Rumah Betang adalah rumah adat Suku Dayak. Rumah ini memiliki arsitektur yang besar dan memanjang. Sesuai dengan kebiasaan masyarakat Dayak yang suka hidup berkelompok, rumah ini pun muat dihuni oleh 100-150 jiwa di dalamnya. Untuk menjaga ketahanan bangunan, Rumah Betang dibangun dengan bahan kayu berkualitas tinggi seperti kayu ulin.

Di hari-hari tertentu, rumah betang ini akan ramai didatangi oleh warga. Sebab, Rumah Betang juga dijadikan sebagai tempat acara adat. Kamu bisa nih melihat pertunjukan dan budaya masyarakat setempat di sini.

5. Danau Bulat di Desa Jahanjang

5 Wisata Eksotis di Katingan untuk Kamu Pecinta Alam dan Budayaweekdaystraveler.blogspot.com

Danau yang berada di Desa Jahanjang ini lagi ngehits, lho. Kamu bisa menikmati danau ini dengan menaiki sampan, memancing, atau sekedar menikmati pesona alamnya ketika senja. Tempat wisatanya juga telah dilengkapi dengan guest house untuk istirahat dan menginap kok. Jadi kamu bisa menikmati keindahan Danau Bulat tanpa harus buru-buru untuk balik.

Nah, itu dia 5 rekomendasi wisata alam dan budaya di Katingan. Sebagaimana kata mutiara, belajarlah dari alam karena alam bisa memberikan pembelajaran dan keindahan yang tak ternilaikan. Yuk, main ke sini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *