5 Wisata Unggulan di Banjarmasin, Bikin Libur Lebaran Makin Seru

Banjarmasin merupakan Ibu kota dari Provinsi Kalimantan Selatan. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai ini, dulunya merupakan wilayah delta yang dikelilingi oleh tiga sungai lho guys, yaitu Sungai Barito, Sungai Martapura, dan Sungai Kuin. Banjarmasin juga memiliki banyak obyek-obyek wisata yang menarik dan gak kalah kerennya lho guys dari wisata yang ada di daerah lainnya.

Nah, bagi kamu yang ingin berlibur di Banjarmasin saat libur Lebaran nanti, berikut ini lima ulasan wisata unggulan di Banjarmasin, yang bisa kamu jadikan referensi untuk tempat berliburmu nanti.

1. Bukit Matang Keladan

5 Wisata Unggulan di Banjarmasin, Bikin Libur Lebaran Makin Serupotretbanua.com

Wisata unggulan yang pertama di Banjarmasin, adalah Bukit Matang Keladan. Wisata berupa perbukitan ini, mendapat julukan “Raja Ampatnya Kalimantan Selatan”, karena keindahan dan pesona yang dimiliki wisata bukit ini, mirip dengan pesona yang dimiliki oleh wisata yang berada di Papua Barat tersebut. Dari atas bukit, kamu dapat menyaksikan pemandangan dari Waduk Riam Kanan, dan pulau-pulau kecil yang berada di dekat wisata bukit ini.

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Bukit Matang Keladan ini, adalah saat matahari terbit (sunrise) dan terbenam (sunset), karena pemandangan di Bukit Matang Keladan ini, akan terlihat jauh lebih mempesona, saat kedua waktu tersebut. Selain itu, penampakan sunrise dan sunset juga akan terlihat sangat menakjubkan lho guys, jika dilihat dari atas bukit ini.

Selain dapat menyaksikan keindahan sunrise dan sunset, kamu juga bisa bersantai ria dengan memasang hammock di pohon-pohon, serta juga dapat mendirikan tenda, jika ingin camping di bukit yang terkenal di Banjarmasin ini. Untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp 3.000/orang. Bukit Matang Keladan lokasinya berada di Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

2. Bukit Rimpi Pelaihari

5 Wisata Unggulan di Banjarmasin, Bikin Libur Lebaran Makin Serutripzilla.id

Selain Bukit Matang Keladan, Banjarmasin juga memiliki wisata bukit lainnya yang gak kalah kerennya lho guys, yaitu wisata Bukit Rimpi Pelaihari. Bukit Rimpi Pelaihari ini, mendapat julukan bukit teletubies lho guys, karena gundukan bukitnya yang mirip dengan bukit yang ada di film Teletubies. Bukit yang memiliki padang savana yang hijau ini, suasananya mirip seperti bukit yang ada di New Zealand lho guys, yang nantinya bakalan bisa bikin kamu betah berlama-lama menghabiskan waktu, di bukit teletubies versi Kalimantan Selatan ini.

Selain itu, juga terdapat banyak hewan ternak yang berkeliaran di sekitar bukit, yang tentunya menambah keindahan dari Bukit Rimpi Pelaihari ini. Untuk dapat menikmati keindahan Bukit Rimpi Pelaihari ini, kamu hanya cukup merogoh kocek sebesar Rp10 ribu/orang. Bukit Rimpi Pelaihari ini, lokasinya berada di Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

3. Danau Biru Cempaka

5 Wisata Unggulan di Banjarmasin, Bikin Libur Lebaran Makin Serutripzilla.id

Tak hanya memiliki wisata bukit saja, Banjarmasin juga memiliki wisata danau lho guys. Wisata danau yang terkenal di Banjarmasin adalah Danau Biru Cempaka. Danau Biru Cempaka ini, dulunya adalah bekas tambang pasir, yang kemudian membentuk danau berwarna biru. Dinamakan Danau Biru Cempaka, karena terletak di Kecamatan Cempaka. Setelah keberadaan diketahui banyak orang, Danau Biru Cempaka ini menjadi ramai sekali lho guys.

Pemandangan danaunya yang mempesona, serta airnya yang berwarna biru jernih, dan arusnya yang tenang, menarik minat para wisatawan dari berbagai daerah untuk datang mengunjunginya. Selain itu, harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu Rp20 ribu/orang. Danau Biru Cempaka lokasinya berada di Kecamatan Cempaka, Desa Sungai Tiung, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

4. Taman Wisata Pulau Kembang

5 Wisata Unggulan di Banjarmasin, Bikin Libur Lebaran Makin Serutripzilla.id

Taman Wisata Pulau Kembang merupakan destinasi wisata berupa kepulauan, yang letaknya berada di tengah-tengah Sungai Barito. DiTaman Wisata Pulau Kembang ini, banyak berkeliaran kera-kera ekor panjang lho guys, karena pulau ini merupakan habitat dari hewan-hewan primata tersebut. Selain itu, pulau dengan luas 60 hektar ini juga dihuni oleh beberapa jenis burung. Para pengunjung sebaiknya menjaga barang bawaan mereka seperti topi, kacamata, dan makanan, agar tidak dicuri oleh kera-kera berekor panjang tersebut.

Di pulau yang telah dijadikan hutan wisata oleh pemerintah ini, para pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan, seperti berselfie ria dengan background hutan belukar rawa, berinteraksi dengan kera yang menggemaskan, dan masih banyak lagi. Nah, untuk harga tiket masuknya juga murah meriah lho guys, yaitu sekitar Rp 7.500/orang.

Fasilitasnya yang dimiliki salah satu primadona wisata di Banjarmasin ini, juga sudah lumayan lengkap, seperti kamar mandi, toilet, dan warung makan. Taman Wisata Pulau Kembang, lokasinya berada di Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan.

5. Rumah Jomblo

5 Wisata Unggulan di Banjarmasin, Bikin Libur Lebaran Makin Serutripzilla.id

Nah, ini dia tempat wisata yang sedang viral di Kalimantan Selatan, yaitu Rumah Jomblo. Diberi nama Rumah Jomblo, karena posisinya yang menjulang seorang diri. Rumah Jomblo merupakan sebuah rumah berdinding kayu, yang dibangun diatas tebing. Konon, dulunya rumah ini dibangun untuk tempat beristirahatnya para tukang, yang mengerjakan proyek perumahan yang ada di sekitar Rumah Jomblo tersebut. Rumah Jomblo ini memiliki bentuk yang unik, dan instagenic lho guys, oleh karena itu banyak wisatawan, yang didominasi generasi millennial, yang datang berkunjung hanya untuk berselfi ria saja.

Nah, jika kamu ingin berkunjung ke Rumah Jomblo, sebaiknya datang bersama teman, keluarga atau pasangan, karena Rumah Jomblo hanya tampak bagus jika difoto dari jarak yang agak jauh saja. Rumah Jomblo ini lokasinya berada di Kawasan Perumahan Kesatria Secaba dan Dodiklatpur, Jalan Gunung Kupang, Kelurahan Cempaka, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

Nah, itulah ulasan lima wisata di unggulan di Banjarmasin. Sudah menentukan mau libur Lebaran di mana guys?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *