6 Tips Selama Bulan Ramadan Agar Keuanganmu Aman Saat Lebaran

Pada saat Ramadan tiba banyak momen dan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat, seperti membeli baju baru, membuat kue, ajang reuni dan keperluan lainya. Tak jarang tradisi ini membuat kita tidak dapat menghemat pengeluaran sehingga menjadikan keuangan menipis pada saat Idul Fitri tiba. Inilah enam tips yang dapat kamu lakukan di bulan Ramadan agar keuanganmu tetap aman saat lebaran dan berkumpul bersama keluarga.

1. Membeli pakaian baru sebulan sebelum bulan Ramadan

6 Tips Selama Bulan Ramadan Agar Keuanganmu Aman Saat Lebaranstandard.co.uk

Jika dirasa kamu butuh untuk membelanjakan keluargamu baju Lebaran, kamu bisa berbelanja sebelum Ramadan. Biasanya kamu akan mendapatkan harga yang lebih murah dan suasana pusat perbelanjaan yang lebih lengang dan membuat kamu lebih tenang dalam memilah produk, tentunya kamu juga dapat lebih bijak saat berbelanja, suasana ramai saat menjelang Lebaran di berbagai pusat perbelanjaan serta strategi diskon besar-besaran memungkinkan kamu untuk lebih lelah dan cenderung kalap saat berbelanja.

2. Jika ingin menghadiri acara buka bersama, pilihlah tempat sederhana

6 Tips Selama Bulan Ramadan Agar Keuanganmu Aman Saat Lebaranexpatwoman.com

Jika ingin mengadakan reuni atau buka bersama tidaklah selalu harus di tempat yang bagus dan fancy. Pilihlah tempat yang nyaman dengan harga makanan yang tidak terlalu mahal, kamu juga bisa menyarankan kepada temanmu untuk buka puasa di rumah temanmu yang memungkinkan untuk memasak menunya bersama-sama, memasak menu buka puasa akan semakin membuat suasana semakin akrab.

3. Memasak hidangan sahur dan berbuka

6 Tips Selama Bulan Ramadan Agar Keuanganmu Aman Saat Lebaranunsplash.com/Toa Heftiba

Memasak sendiri hidangan untuk sahur dan berbuka tentunya dapat menghemat pengeluaranmu dibandingkan selalu order makanan. Kamu boleh saja order makanan atau membeli makanan untuk sahur dan berbuka, tetapi hanya saat kamu sibuk sehingga tidak bisa memasak atau sesekali bosan dengan masakan rumah.

4. Tradisi ngabuburit

6 Tips Selama Bulan Ramadan Agar Keuanganmu Aman Saat Lebaranfoodtownmarket.com

Kegiatan saat ngabuburit juga bermacam-macam, ada yang menonton bioskop, jalan-jalan ke tempat wisata atau main di pusat perbelanjaan yang sedikit banyak mengeluarkan biaya. Nah sebenarnya kamu bisa memilih untuk ngabuburit dengan sesuatu yang bermanfaat dan tidak perlu mengeluarkan biaya. Misalnya seperti berjalan kaki di sekitar, membaca Quran atau menonton film di rumah.

5. Berkomitmen agar membeli sesuatu yang hanya dibutuhkan saja

6 Tips Selama Bulan Ramadan Agar Keuanganmu Aman Saat Lebaranfoodtownmarket.com

Sebelum Ramadan biasakan untuk list semua kebutuhan, nah pastikan kamu menulis sesuatu yang kamu dan keluarga butuhkan. Setelah kamu list pastikan kamu berkomitmen untuk membeli barang atau sesuatu yang sudah tertera pada list ya. Pastikan kamu juga menyisihkan uang gajimu untuk menabung setiap bulannya.

6. Menabung menggunakan celengan

6 Tips Selama Bulan Ramadan Agar Keuanganmu Aman Saat Lebarankreditpintar.com

Menabung menggunakan celengan memang terlihat jadul, karena sekarang banyak yang sudah beralih ke tabungan di bank, ya ini tentunya akan menjadi hal yang mudah untuk kamu yang bisa menahan diri untuk berbelanja. Jika kamu adalah orang yang tak bisa menahan egomu untuk membeli barang atau sesuatu yang kurang penting, kamu bisa beralih menabung di celengan dan membukanya saat menjelang Idul Fitri nanti.

Nah itulah 6 tips yang bisa kamu jalani saat Ramadan tiba, tentunya ini bisa kamu sesuaikan dengan berapa besarnya pendapatanmu ya, berhemat memang baik tetapi jangan sampai menyiksa dirimu juga dengan terlalu memaksakan diri.