6 Wisata Pantai di Balikpapan yang Cocok Kamu Kunjungi untuk Liburan

kota yang terkenal dengan tambang minyak dan batu bara yang menjadi mata pencaharian penduduknya. Kota yang mempunyai julukan kota Beriman ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik, termasuk pantai di kota Balikpapan.

Siapa yang tak suka berjalan-jalan di tepi pantai? Sambil ditemani deburan ombak dan hangatnya sang mentari. Nah, di kota Balikpapan ini juga terdapat beberapa objek wisata pantai yang dapat kamu kunjungi. Ada apa saja ya?

1. Pantai Lamaru

6 Wisata Pantai di Balikpapan yang Cocok Kamu Kunjungi untuk Liburanpicbon.us

Pantai ini terletak di Jalan Mulawarman, Lamaru, Kec. Balikpapan Timur. Pantai ini memberikan kesejukan di sepanjang pesisir karena masih banyak pepohonan yang ditanam secara rapi. Untuk masuk ke pantai ini, dikenakan tarif sekitar Rp15.000 untuk kendaraan roda enam Rp50.000, roda empat Rp15.000 dan roda dua Rp5.000. Tempat ini bisa menjadi referensi tempat wisata selama liburan mendatang.

2. Pantai Menpora

6 Wisata Pantai di Balikpapan yang Cocok Kamu Kunjungi untuk Liburanagen.hoofla-kids.com

Pantai ini terletak di Jalan Jenderal Sudirman No. 1, RT 11, Klandasan Ulu, Balikpapan Kota. Pantai yang terletak di pusat kota dan lokasinya dekat dengan mall di kota Balikpapan. Pantai yang memiliki nama lengkap Pantai Monumen Perjuangan Rakyat ini, di dalamnya dibangun sebuah tugu para pejuang yang dulu melawan para penjajah di kota Balikpapan. Untuk masuk ke pantai ini, dikenakan tarif parkir untuk roda dua sekitar Rp2.000 dan roda empat Rp5.000.

3. Pantai Kemala

6 Wisata Pantai di Balikpapan yang Cocok Kamu Kunjungi untuk Liburancommons.m.wikimedia.org

Pantai ini juga terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tidak jauh dari pantai Monpera. Di pantai ini, terdapat wahana bermain air banana boat dan beberapa kafe-kafe kecil yang jadi tempat favorit buat nongkrong sambil menikmati sunset di sore hari. Untuk tarif masuk ke pantai ini, biasanya sekitar Rp1.000 atau dikenakan biaya parkir Rp2.000.

4. Pantai Manggar

6 Wisata Pantai di Balikpapan yang Cocok Kamu Kunjungi untuk Liburanwisatakalimantan.com

Pantai Manggar atau Segara Sari ini terletak di Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur. Pantai yang menjadi salah satu tempat rekreasi keluarga yang lengkap. Di pantai ini terdapat area bermain anak, tempat suvenir, sampai wahana bermain air. Pantai ini juga memiliki ombak yang sangat cantik. Untuk masuk ke pantai Manggar akan dikenakan tarif sekitar Rp2.000 untuk anak-anak, Rp 3.000,- untuk dewasa, Rp2.500 untuk parkir roda dua, dan Rp10.000 untuk parkir roda empat.

5. Pantai Melawai

6 Wisata Pantai di Balikpapan yang Cocok Kamu Kunjungi untuk Liburanpanduanwisata.id

Pantai Melawai ini terletak di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota. Pantai ini juga menjadi salah satu ikon tempat nongkrong para muda-mudi kota Balikpapan. Pemandangan matahari di sore hari serta kapal-kapal tongkang yang berada di pantai Melawai juga menjadi daya tarik wisata yang memukau. Di tepi pantai Melawai ini juga tersebar kafe-kafe buat pengunjung yang ingin wisata kuliner sambil ditemani hangatnya suasana pantai.

6. Pantai Batu Benua Patra

6 Wisata Pantai di Balikpapan yang Cocok Kamu Kunjungi untuk Liburanjalanbro.wordpress.com

Pantai ini terletak di Jalan Prapatan, Balikpapan Kota. Pantai ini dulunya dijuluki dengan pantai Batu-batu, karena di sekitar pantai ini terdapat banyak batu-batu hingga membentuk pulau-pulau kecil. Di pantai ini tidak dipungut biaya masuk dan di pantai ini juga tidak terdapat peralatan berenang, seperti pelampung dan lainnya. Karena di pantai Batu ini, pengunjung dilarang untuk berenang. Meskipun demikian, suasana pantai ini sangat cocok untuk tempat berfoto atau sekadar nongkrong asik di sore hari.

Itulah enam tempat wisata pantai yang terdapat di kota Balikpapan. Tertarik berlibur ke pantai yang mana nih?