7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin “Strong” Selama Musim Hujan

Rempah-rempah tidak hanya memberikan rasa lezat pada masakan. Dikutip melalui laman Food NDTV, rempah-rempah pada suatu hidangan memiliki manfaat baik yang salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh.

Memasuki musim hujan seperti saat ini, nikmat banget pastinya mengonsumsi makanan yang kaya rempah. Gak cuma kenikmatan saja yang akan kita dapat, makanan kaya rempah membantu tubuh jadi strong selama musim hujan.

Seperti tujuh kuliner Indonesia kaya rempah berikut ini yang lezatnya wajib untuk kamu coba!

1. Arsik ikan mas

7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin Strong Selama Musim Hujaninstagram.com/lapopardomuansitinjak

Berasal dari Sumatera Utara, arsik ikan masa adalah olahan ikan mas yang dimasak dengan cara direbus bersama bumbu kaya rempah yang terdiri dari jahe, lengkuas, serai, kunyit, bawang, andaliman, dan lainnya.

Punya rasa sedikit pedas, selama musim hujan nikmat banget pastinya menyantap arsik ikan mas dengan sepiring nasi hangat. Jangan dibayangkan! Pasti bikin kamu jadi ngiler.

Karena bahan yang diperlukan mudah untuk didapat serta cara membuatnya tidak begitu rumit. Gak ada salahnya mencoba membuat arsik ikan mas yang lezatnya bikin kamu nambah berulang kali.

2. Sup saudara

7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin Strong Selama Musim Hujaninstagram.com/mistermakan_mks

Menyantap makanan berkuah kala hujan menyapa adalah suatu kenikmatan yang hakiki. Salah satunya adalah sup saudara yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Menggunakan daging sapi sebagai bahan utama, sup saudara termasuk kuliner Indonesia yang kaya rempah. Jinten, serai, jahe, lengkuas, pala, kunyit, jenis rempah-rempah yang akan terasa di lidah begitu menyeruput kuahnya.

Selain daging sapi, sup saudara punya isian lain seperti soun, perkedel, irisan daun bawang, yang disempurnakan oleh taburan bawang goreng pada bagian atasnya.

3. Sayur ares

7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin Strong Selama Musim Hujaninstagram.com/masromdon

Pohon pisang, gak cuma buah dan daunnya saja yang sering digunakan pada suatu hidangan. Di Lombok, Nusa Tenggara Barat, terdapat kuliner yang terbuat dari gedebog/batang pisang.

Terkenal juga di Bali, sayur ares termasuk kuliner kaya rempah. Di dalamnya terdapat bumbu yang terdiri dari bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, merica, ketumbar, dan kemiri.

Biar makin nikmat, biasanya sayur ares ditambahkan isian berupa potongan daging sapi atau daging ayam.

4. Kaldu kokot

7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin Strong Selama Musim Hujaninstagram.com/foodbuddies.id

Kuliner khas Madura, jangan hanya tahu sate saja! Karena ada kuliner lezat bernama kaldu kokot yang mana hidangan berkuah ini kaya akan rempah.

Memiliki kuah dengan tekstur sedikit kental yang berasal dari kacang hijau. Kaldu kokot berbahan utama kaki sapi yang direbus bersama bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, pala, jahe, lada, kemiri, dan lainnya.

Biar makin mantap, biasanya semangkuk kaldu kokot disantap dengan potongan lontong yang lembut. Tak lupa, satu batang sedotan yang akan digunakan untuk menyeruput isi pada tulang kaki sapi.

5. Angeun lada

7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin Strong Selama Musim Hujaninstagram.com/ragamindonesia7

Mudah ditemukan saat hari raya tiba, khususnya di wilayah Banten. Angeun lada masuk dalam daftar kuliner khas Indonesia yang kaya rempah. Sama halnya kaldu kokot, angeun lada menggunakan kacang merah pada racikan lezatnya.

Angeun lada berbahan utama potongan daging atau jeroan sapi yang ditemani oleh bahan lainnya seperti kacang merah, rebung, kacang panjang, dan daun kecombrang.

Sensasi gurih dari kaldu dan pedas segarnya jahe serta cabai, nempel banget di lidah yang bikin kamu ketagihan untuk mencicipinya kembali.

6. Gangan humbut

7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin Strong Selama Musim Hujaninstagram.com/erittaoc

Kunyit, serai, jintan, lengkuas, dan kemiri, beberapa rempah-rempah yang terkandung dalam gangan humbut. Kuliner kaya rempah asal Kalimantan ini berkuah santan, dengan bahan berupa potongan iga sapi dan rebung.

Berkembangnya zaman, tak sedikit pula masyarakat Kalimantan menambahkan labu kuning atau ubi ke dalam olahan gangan humbut.

Memiliki citarasa yang khas, gangan humbut biasanya dijadikan sebagai lauk pauk. Bahkan kuliner kaya rempah ini jadi populer sebagai santapan buka puasa bila Ramadan tiba.

7. Nasi penggel

7 Kuliner Indonesia Kaya Rempah Ini Bikin Strong Selama Musim Hujaninstagram.com/villaupil89

Tidak hanya kaya rempah, nasi penggel yang jadi kuliner khas Kebumen ini punya keunikan tersendiri. Di mana, nasi putih yang disajikan bersama sayur pada piring. Dikepal menggunakan tangan terlebih dahulu hingga bentuknya berubah menjadi bulat-bulat.

Nasi yang telah berbentuk bulat, nantinya diguyur dengan gurihnya sayur nangka dan tumis kikil. Yang bikin khas dari nasi penggal yaitu penyajiannya pada piring yang dialasi dengan daun pisang.

Indonesia memang rumahnya kuliner kaya rempah. Jadi, masih banyak sebenarnya kuliner kaya rempah lainnya yang harus dicoba. Namun tujuh kuliner yang telah disebutkan tadi, wajib untuk disantap dan bantu kamu strong selama musim hujan.