7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Gizi

Sereal adalah bagian biji-bijian yang dapat dimakan seperti gandum, beras, jagung, dan sorgum. Sereal hadir dalam berbagai bentuk, dan setiap bentuk memiliki popularitas di negara yang berbeda.

Namun, gandum dan beras sangat populer di seluruh dunia. Banyak negara memilikinya sebagai makanan pokok mereka, dan orang-orang di negara-negara itu menganggapnya sebagai sumber nutrisi. Sereal memiliki berbagai mineral dan vitamin serta serat.

Sereal digunakan untuk membuat berbagai bentuk roti, pasta kue, dan banyak makanan ringan lainnya. Mereka populer tidak hanya karena lezat tetapi juga karena sangat bergizi. Sereal gandum adalah tambahan yang bagus untuk diet kita, terutama saat sarapan.

Yang perlu kita lakukan adalah melakukan riset pada jenis sereal dan nutrisi yang dimilikinya. Kita dapat menemukan banyak informasi berguna di balik kotak sereal juga. Pastikan semua bahan aman dikonsumsi.

Selain itu, mereka murah dan mudah didapat, jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memilikinya. Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi sereal.

1. Sumber energi yang baik

7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Gizihealthline.com

Sereal adalah sumber energi karena dapat memberi kita hingga 30 persen dari total kalori dalam makanan. Mereka mungkin merupakan makanan berkalori yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Persentase mungkin berbeda dari satu negara ke negara lain. Faktor utama di balik popularitas mereka mungkin karena lebih murah daripada kebanyakan sumber nutrisi lainnya.

2. Sumber protein yang baik

7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Gizisabervivirtv.com

Protein sangat penting bagi kita karena tubuh menggunakannya untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Mereka juga digunakan untuk membuat bahan kimia tubuh seperti hormon dan enzim. Jumlah protein dalam setiap jenis sereal berbeda.

Ambil beras misalnya karena mengandung jumlah protein paling sedikit di dalamnya, tetapi itu adalah bentuk protein terbaik yang bisa kita dapatkan. Kita membutuhkan protein untuk tulang, darah, kulit, dan otot. Karena itu, sebaiknya mengonsumsi sereal untuk menjaga asupan protein harian kita.

3. Membantu mencegah kanker

7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Gizipharmaintelligence.informa.com

Sereal kaya akan steroid nabati yang merangsang estrogen. Mereka mengandung pitosterol yang memblokir estrogen yang meningkatkan produksi kanker pada payudara. Banyak penelitian menunjukkan bahwa sereal bahkan dapat mencegah kanker usus besar karena kandungan seratnya yang tinggi. Fitosterol mengurangi waktu reabsorpsi estrogen ke dalam darah melalui dinding usus besar dengan meningkatkan gerakan tinja.

4. Membantu mengatasi sembelit

7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Gizihealthline.com

Sereal mengandung serat larut dan tidak larut. Ini termasuk selulosa, pektin, dan hemiselulosa. Diet tinggi serat memiliki kaitan dengan kesehatan pencernaan yang baik. Mereka meningkatkan jumlah tinja dan membuatnya lebih lunak sehingga lebih mudah bagi tubuh untuk melewatinya.

Itu membantu dalam menyingkirkan kanker. Kita juga dapat mencegah kanker dengan mengonsumsi sereal dalam jumlah yang cukup banyak. Memakannya memastikan bagian dalam tubuh bersih dan kanker usus besar menjauh dari kita.

5. Sumber vitamin yang baik

7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Giziagiragri.com

Sereal mengemas berbagai nutrisi. Di antara nutrisi tersebut adalah berbagai macam vitamin. Jenis dan jumlahnya dapat bervariasi dari satu sereal ke yang lain. Dengan mengonsumsi sereal gandum utuh, kita dapat secara efektif mengatasi kekurangan vitamin B kompleks.

Biji-bijian sereal digunakan untuk mengekstrak minyak kaya vitamin E. Mereka juga mengandung banyak nutrisi lain. Tetapi sayangnya, banyak dari mereka menghilang selama proses penggilingan.

6. Membantu menjaga berat badan

7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Giziendocrineweb.com

Sarapan yang dibuat dengan sereal utuh adalah cara terbaik untuk mengatur berat badan kita. Karena efek pelumasnya di usus besar, sereal memastikan saluran pencernaan kita bersih. Ini juga membuat kita merasa kenyang untuk jangka waktu lama. Pengurangan mengidam makanan bisa membantu kita menurunkan berat badan juga.

7. Mendukung kesehatan jantung

7 Manfaat Sarapan Sereal, Sumber Nutrisi Penuh Giziforabetterlife.club

Sereal baik untuk kesehatan jantung kita ketika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Memakan sereal gandum utuh saat sarapan memastikan kita makan lebih sedikit dan memiliki lebih banyak energi. Karena kita tidak merasa lapar untuk sementara waktu, serat dapat membantu kita menahan diri dari makan hal-hal yang akan berakhir sebagai lemak dalam tubuh.

Lemak itu nantinya akan mempersulit jantung kita untuk memompa darah dan dapat menyebabkan berbagai penyakit kardiovaskular. Membuat sereal sebagai bagian dari diet dapat membantu kita menghindari banyak masalah tersebut.

Sereal adalah sumber protein dan nutrisi lain yang baik. Mereka murah dan mudah didapat. Tetapi kita harus ingat bahwa mereka juga kaya akan garam, gula, dan lemak. Karena itu, kita tidak boleh memakannya secara berlebihan.

Jadi, sarapan apa pagi ini?