Air di Texas Amerika Serikat Terkontaminasi Kuman Mematikan

Penduduk Lake Jackson, Texas, Amerika Serikat telah diimbau agar tidak menggunakan air keran karena kemungkinan telah terkontaminasi mikroba pemakan otak yang mematikan.

Otoritas air setempat memperingatkan potensi kontaminasi pasokan airnya ke kota hingga rumah bagi sekitar 27.000 orang oleh mikroba bernama Naegleria fowleria.

Naegleria fowleria merupakan protista yang hidup di air tawar dan ditemukan di seluruh dunia.

Amuba ini biasanya menginfeksi orang ketika air yang terkontaminasi masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan dapat berakibat fatal.

Delapan komunitas Texas diberitahu pada Jumat malam untuk tidak menggunakan persediaan air mereka untuk alasan apapun, kecuali untuk menyiram toilet.

Namun peringatan itu telah dicabut pada Sabtu kemarin untuk semua tempat kecuali Lake Jackson.

Komisi Texas untuk Kualitas Lingkungan mengatakan agar penduduk menghindari penggunaan air keran hingga keadaan telah dipastikan membaik.

“Kota Jackson harus terus menghindari penggunaan air keran sampai sistem air telah dibersihkan secara memadai dan sampel menunjukkan bahwa air tersebut telah aman untuk digunakan,” jelasnya, demikian dikutip dari BBC, Minggu, (27/9).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) juga mengatakan, orang tidak dapat terinfeksi dengan menelan air yang terkontaminasi serta tidak menular.

Namun infeksi ini memiliki gejala seperti demam, mual, muntah, leher kaku, serta sakit kepala. Bahkan sebagian besar meninggal dalam waktu seminggu.

Belum diketahui sampai kapan infeksi tersebut akan berlangsung. Diketahui infeksi sebelumnya dikonfirmasi di negara bagian Florida AS awal tahun ini.