Apple Inginkan Kenaikan Produksi iPhone di India

Mitra Apple untuk merakit gadgetnya yakni Foxconn, tidak cuma beroperasi di Tiongkok saja. Ada pabrik yang merakit beberapa model iPhone lawas, yang terletak di India.

Hal ini dilakukn untuk menghindari pajak yang dikenakan untuk impor unit iPhone dari Tiongkok ke India, mengingat unit yang diimpor sangat banyak sebagai pasar smartphone terbesar kedua di dunia.

Apple pun melalui Foxconn membangun pabrik di India, yang merakit iPhone model lawas dan dijual di negeri tersebut dengan harga terjangkau.

Nah, Apple dan Foxconn nampaknya memiliki ide baru untuk pabriknya di India.

Melansir Reuters, Foxconn berencana investasi sebesar 1 miliar Dollar untuk berekspansi di India. Tepatnya, di daerah selatan India di mana pabrik iPhone sudah berdiri di sana.

Hal ini juga satu visi dengan inisiatif nasionalis dari perdana menteri India Narendra Modi yakni “Make in India.” Sehingga proyek ini disebut akan berjalan lebih mudah.

Menghindari Perang Dagang

Selain itu, Apple juga ingin pabrik perakitan iPhone besutannya keluar dari Tiongkok, karena adanya perang dagang antara negeri Tirai Bambu dan AS.

Hubungan antar kedua negara ini sama sekali tak stabil, di mana presiden Trump dan administrasinya bisa saja mengenakan pajak lebih tinggi lagi terhadap produk yang diimpor dari Tiongkok.

Hal ini juga senada dengan rumor Mei lalu di mana Apple sedang bernegosiasi dengan pemerintah India untuk memindahkan 20 persen produksi iPhone ke India dari Tiongkok.

Jika berhasil produksi iPhone senilai 40 miliar Dollar akan berputar di lini produksi India.

Masalah utamanya adalah pabrik ini adalah pabrik perakitan. Sementara pasokan onderdil tetap datang dari Tiongkok.

Apple sendiri sedang mempertimbangkan juga soal rantai pasokan yang didatangkan dari Vietnam alih-alih Tiongkok.