Bertambah 35, Kasus Positif Covid-19 di Yogyakarta Menjadi 946

bertambah-35-kasus-positif-covid-19-di-yogyakarta-menjadi-946

Serbaberita – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) melaporkan telah melakukan pemeriksaan kepada 401 spesimen hari ini. Dari pemeriksaan tersebut, ditemukan kasus positif Covid-19 sebanyak 35 kasus. Total warga Yogyakarta positif Covid-19 mencapai 946.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih mengatakan, 21 dari 35 kasus hari ini merupakan hasil screening dari petugas kesehatan.

“Untuk hari ini ada penambahan 35 kasus positif Covid-19 di DIY. Sehingga jumlah kasus positif (Covid-19) di DIY sebanyak 946 kasus,” kata Berty melalui keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (14/8).

Berty menambahkan, masih ada 5 kasus yang sedang dalam proses penelusuran. Masih belum diketahui sumbernya. Selain itu, ada dua kasus yang didapatkan dari perjalanan luar daerah, serta 7 kasus dari kontak tracing.

“Distribusi kasus berdasarkan riwayat, dari screening karyawan kesehatan ada 21 kasus, perjalanan luar daerah 2 kasus, kontak tracing 7 kasus dan 5 kasus masih dalam penelusuran,” ujar Berty

Berdasarkan pantauan merdeka.com dari situs corona.jogjaprov.go.id, Bantul menjadi wilayah dengan jumlah kasus terbanyak hari ini, tepatnya 16 kasus. Kemudian di Sleman, ditemukan 9 kasus, di Yogyakarta 5 kasus, Gunungkidul 4 kasus dan hanya ditemukan 1 kasus di Kulon Progo.

Untuk kasus sembuh di DIY hari ini, seluruhnya berasal dari Sleman. Sleman menyumbang 12 kasus sembuh hari ini. Sehingga secara kumulatif, 658 warga DIY sudah sembuh dari virus Corona.

Sementara itu, untuk laporan jumlah kasus meninggal dunia hari ini mengalami penambahan sebanyak 2 kasus. Sehingga total kasus meninggal dunia menjadi 28 orang. Adapun kedua orang itu adalah kasus ke-933. Seorang wanita berusia 48 tahun dari Gunungkidul dan seorang nenek berusia 77 tahun di Bantul. Diketahui, keduanya memiliki riwayat penyakit komorbid, yakni stroke.

Hingga hari ini, 14 Agustus 2020, kasus aktif di DIY mencapai 260 kasus dengan angka kesembuhan atau case recovery rate yang cukup tinggi. Berada di atas angka nasional, yakni 69,56 persen. Sedangkan angka kematian atau case fatality rate di DIY juga berada di bawah Jakarta dan nasional, yakni 2,96 persen