Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dini

Pada umumnya rambut mulai tumbuh uban saat menginjak usia 30 atau 40 tahun. Namun tak jarang belum berumur segitu telah bermunculan rambut berwarna putih tersebut. Faktornya pun beragam, mulai dari genetik, kurangnya perawatan rambut serta sirkulasi darah yang sedikit pada kulit kepala.

Namun ternyata, makanan pun mempengaruhi, loh. Inilah tujuh jenis makanan yang bermanfaat untuk menangkal atau meminimalisir tumbuhnya uban di usia dini.

1. Sayuran hijau

Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dinipinterest.ca

Nutrisi yang dibutuhkan rambut adalah vitamin B. Seperti halnya vitamin B-6 dan B-12, vitamin tersebut bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi sayuran hijau. Nutrisi lainnya yang kamu dapatkan dari sayuran hijau pun adalah asam folat, kekurangan asam folat dalam tubuh menyebabkan cepat beruban.

Sayuran hijau yang baik untuk mencegah tumbuhnya uban dini seperti, bayam, sawi hijau, brokoli dan lain sebagainya.

2. Salmon

Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dinipixabay.com/Robert-Owen-Wahl

Kandungan selenium pada ikan salon bermanfaat untuk memproduksi hormon yang penting bagi rambut. Selain itu, salmon juga mengandung nutrisi seperti omage-3, protein, vitamin B kompleks dan mineral. Nutrisi-nutrisi tersebut bermanfaat untuk pertumbuhan rambut.

3. Berries

Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dinipixabay/PublicDomainPictures

Buah-buahan jenis berries juga ternyata bermanfaat untuk menangkal timbulnya uban di usia dini. Kandungan vitamin C pada berries bermanfaat untuk mencegah radikal bebas seperti halnya tumbuh uban padahal usia masih muda. Manfaat lainnya pun adalah membantu produksi kolagen yang biasa ditemukan pada folikel rambut.

4. Kepiting

Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dinipixabay.com/yayaao

Makanan jenis lainnya yang bermanfaat untuk mencegah beruban di usia dini adalah kepiting. Dari mengonsumsi kepiting kamu bisa mendapatkan zat selenium, nah selenium tersebut bermanfaat untuk menutrisi kulit kepala agar tetap sehat. Kulit kepala yang sehat pun akan terhindar dari beruban di usia dini.

5. Pisang

Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dinipixabay.com/stevepb

Buah pisang ini mengandung zat besi cukup tinggi, iodine, vitamin B1, B2 dan B3. Nutrisi-nutrisi dari pisang tersebut bermanfaat untuk memperkuat folikel rambut sehingga dapat terhindar dari ubanan di usia muda dan bermanfaat juga untuk menutrisi rambut agar tumbuh lebih banyak.

6. Alpukat

Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dinipixabay.com/stevepb

Sama halnya dengan pisang, vitamin B kompleks yang terkandung pada buah alpukat bermanfaat untuk  memperkuat folikel rambut, sehingga dapat membantu mencegah beruban di usia muda.

7. Minyak kelapa

Bukan Cat Rambut, Ini 7 Makanan Penangkal Tumbuh Uban Dinipixabay.com/nir_design

Tak hanya untuk memasak, minyak kelapa telah umum digunakan untuk kesehatan. Mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala juga dapat memberikan nutrisi secara langsung pada kulit kepala. Dari minyak kelapa kamu bisa mendapatkan nutrisi seperti karbohidrat, mineral dan vitamin, dan selain untuk menyehatkan rambut, melembutkan. Juga bermanfaat untuk meminimalisir tumbuhnya uban di usia muda.

Itulah jenis-jenis makanan yang bermanfaat untuk mencegah uban di usia dini. Jika kamu mengalami masalah tersebut, kamu boleh nih mengaplikasikan penjelasan di atas di keseharianmu.