Facebook, Instagram, dan WhatsApp Dipastikan Tetap Ada di Smartphone Huawei

Setelah beberapa waktu yang lalu dilaporkan bahwa Facebook dan deretan anak perusahaannya yakni WhatsApp dan Instagram akan cabut dari Huawei, akhirnya Huawei memberi pernyataan pembantahan.

Melansir laporan eksklusif Android Authority yang mendapatkan konfirmasi langsung dari Huawei, aplikasi seluler Facebook akan terus tersedia untuk platform Huawei.

Ini juga beserta deretan aplikasi di bawah Facebook, seperti Messenger, Instagram, dan WhatsApp.

Seperti yang kita tahu, ini adalah dampak dari Departemen Perdagangan AS yang memasukkan Huawei ke daftar hitam yang melarang perusahaan AS untuk berbisnis dengan Huawei.

Setelah putus kontrak dengan Android, Qualcomm, Intel, hingga ARM, Huawei sempat diberitakan tak mendapatkan akses ke jejaring sosial terbesar di dunia tersebut.

Pihak Facebook sendiri disebut telah menghentikan sementara pemasangan aplikasi Huawei di masa mendatang.

“Kami sedang meninjau aturan final dari Departemen Perdagangan dan lisensi umum sementara yang terbaru, dan sedang mengambil langkah untuk memastikan tetap patuh,” ungkap pernyataan Facebook yang dimuat Android Authority.

Meski demikian, konsumen yang telah membeli perangkat Huawei atau Honor, masih terus dapat menggunakan Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp secara normal.

Bahkan perangkat terbaru mereka yang sudah ada di ritel sebelum 16 Mei juga tetap akan mendapatkan akses ke aplikasi seluler Facebook.

Deretan aplikasi lain seperti Google Play Store juga masih akan tetap tersedia untuk perangkat yang telah sampai di tangan konsumen dan ritel, namun belum terjamin untuk perangkat masa depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *